Pekerjaan Si Nenek Penggali Batu untuk Dibuat Batu Cor

Advertisement

Ads

Pekerjaan Si Nenek Penggali Batu untuk Dibuat Batu Cor

Unzilatur Rahmah
Kamis, 26 Maret 2015


Ada saja cara orang untuk bertahan hidup. Salah satunya ialah seperti apa yang dikerjakan nenek Sumiatun asal Desa Aengbaja Raja , Bluto Sumenep ini. Kesehariannya hanya bekerja menggali atau mengumpulkan batu, kemudian dihancurkan menjadi ukuran kecil-kecil untuk dijual dijadikan batu cor. Meski saat ini sudah ada alat berat untuk membuat batu cor, si nenek tetap menggunakan cara manual untuk menghancurkan batu berukuran besar menjadi ukuran kecil.

Alat pengahancur batu tersebut menggunakan palu berukuran agak besar. Dengan diberi alas batu yang agak keras, batu dipukul hingga pecah menjadi ukuran kecil. Batu yang awalnya berukuran besar seperti kepala, kepalan tangan berubah menjadi batu yang cocok untuk batu cor. Kemudian Batu yang  kecil dipisah dan ditumpuk menjadi satu timbunan, jika sudah banyak kemudian dijual kepada orang yang membutuhkan dengan harga Rp 5.000 / ember.

Proses ini memang membuat tangan menjadi kasar. Jika tidak terbiasa melakukan, kulit tangan bisa terkelupas karena gesekan pegangan palu. Meski demikian, demi bertahan hidup dan menambah penghasilan untuk keluarga, masih banyak orang yang rela melakukan ini. Baik laki-laki maupun perempuan.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC