Memelihara Kambing, Pakannya Mudah Didapat

Advertisement

Ads

Memelihara Kambing, Pakannya Mudah Didapat

Unzilatur Rahmah
Kamis, 26 Maret 2015


Selain memelihara ayam, masyarakat Madura juga memelihara kambing untuk sekadar mengisi aktivitas sehari-hari. Dari usia tua hingga anak muda, laki-laki dan perempuan, menjadikan aktifitas mencari pakan kambing untuk mengisi waktu. Karena di Madura banyak sekali lahan-lahan kosong yang banyak ditumbuhi semak belukar, pakan kambing pun mudah didapat.

Mencari pakan Kambing juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk Kambing 3 ekor, jika saat musim hujan seperti sekarang, hanya membutuhkan waktu 1-2 jam. Pohon-pohon dan semak belukar banyak yang sedang bertunas. Masyarakat biasanya mencari tunas untuk pakan Kambing di pagi atau sore hari.

Sedangkan pada musim kemarau, pakan menjadi agak sulit. Tapi bagi masyarakat yang sambil lalu menanam Pohon Pisang, menjadi tidak terlalu sulit. Selain itu juga memanfaatkan Daun Kelapa sebagai salah satu alternatif. Juga daun-daun dari pohon besar seperti Daun Waru dan Daun Mangga.

Bagi Anda masyarakat desa yang ingin memiliki tambahan penghasilan, memelihara Kambing bisa menjadi salah satu alternatif. Namun yang perlu diperhatikan, harus dijaga dari makanan yang mudah membuat Kambing mabuk, seperti Ketela Pohon atau Singkong. Termasuk juga kulit batang dan daunnya. Juga harus dijaga jangan sampai di pakannya ada Ulat Arang yang berwarna hijau. Karena apabila terkena makan oleh Kambing, akan menjadi sangat berbahaya. Karena ulat tersebut tidak memberikan efek gatal, tetapi panas.

Kambing yang doyan minum biasanya lebih cepat gemuk. Agar Kambing doyan minum, bisa disiasati dengan menambahkan gula merah pada minuman kambing. Selain itu, Kambing harus dijaga dari penyakit dengan menyuntikkan serum kekebalan tubuh minimal setengah tahun sekali.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - AhmadEMC