Lorjhuk Goreng, Mantap Di Lidah

Advertisement

Ads

Lorjhuk Goreng, Mantap Di Lidah

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 14 Maret 2015


Salah satu jenis camilan yang patut dicoba oleh para pecinta kuliner Madura ialah Lorjhuk/Lorjuk. Lorjuk merupakan jenis makanan laut atau seafood yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Habitat Lorjhuk biasanya beda di pasir pinggir laut. Hampir sama dengan kerang. Hanya saja ukurannya yang kecil, membuat para pengumpul Lorjhuk tidak mudah mendapatkan Lorjhuk dalam jumlah banyak. Tak heran kalau harga Lorjhuk mentah sekali pun dipatok dengan nilai yang cukup tinggi.

Di Madura, Lorjhuk biasanya dijadikan bahan campuran untuk membuat Rengginang. Lorjhuk pada Rengginang berfungsi sebagai perasa sekaligus pemberi aroma serfood. Lorjhuk juga digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat petis. Petis Lorjhuk pun terkenal hingga ke luar Madura.

Selain bisa diolah menjadi lauk atau bahan campuran memproduksi Rengginang dan petis, Lorjhuk juga bisa diolah menjadi camilan. Camilan Lorjhuk biasanya digoreng hingga krispi. Rasa Lorjhuk Goreng original ditambah dengan sedikit garam membuat rasa Lorjhuk Goreng ini mantap. Lorjhuk Goreng bisa dinikmati langsung sebagai camilan atau dijadikan tambahan lauk-pauk. Camilan Lorjhuk Goreng bisa didapat di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Madura.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC