Membuat Dodol Gula Merah Ekstra Manis

Advertisement

Ads

Membuat Dodol Gula Merah Ekstra Manis

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 14 Maret 2015

Seiring dengan kemudahan zaman, produsen Dodol di Madura sudah sangat sulit ditemukan. Namun, ternyata masih ada masyarakat Madura yang mau berbagi ilmu dengan para pecinta makanan bercita rasa manis ini.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Dodol khas Madura antara lain beras 3 Kg, beras ketan ¼ Kg, gula merah 3 Kg, kelapa 10 buah berukuran sedang diambil santan kentalnya.

Cara membuatnya: 

1. Campurkan beras dan beras ketan, basuh hingga bersih, tiriskan, kemudian giling hingga menjadi tepung.

2. Kupas kulit ari kelapa kemudian basuh hingga bersih. Ketika akan menggiling beras, sebaiknya kelapa digiling juga agar pekerjaan menjadi lebih cepat.

3. Peras kelapa dan ambil santan kentalnya.

4. Campurkan semua bahan (tepung, gula dan santan) aduk rata. Agar tepung tidak menggumpal, masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk.

5. Masak di atas api sedang. Sambil dimasak, harus terus diaduk agar dodol tidak menimbulkan kerak. Memasak dodol membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 jam hingga Dodol menimbulkan minyak.

6. Jika sudah matang, tuangkan dodol pada nampan segi empat, ratakan dengan tangan. Dodol siap dinikmati. Dodol gula merah ini biasanya akan bertahan hingga 3 hari. Semakin keluar minyak santan saat dimasak, semakin lama waktu bertahannya dodol.