Berwisata Religi ke Astah Sayyid Yusuf Sumenep Madura

Advertisement

Ads

Berwisata Religi ke Astah Sayyid Yusuf Sumenep Madura

Unzilatur Rahmah
Jumat, 27 Maret 2015


Salah satu objek wisata religi yang terdapat di kepulauan Poteran, Sumenep ialah Astah Sayyid Yusuf. Astah atau makam ini terdapat di Kec. Talango, agak ke barat di ujung Kec. Talango. Merupakan objek wisata religi yang selalu ramai dikunjungi peziarah, baik dari dalam pulau Madura mau pun dari luar pulau Madura. Bahkan ada peziarah yang jauh-jauh datang dari Jawa Tengah dan Jawa Barat untuk sekadar mengharap setitik barokah dari Tuhan dengan berziarah ke tempat ini.

Di kompleks makam Sayyid Yusuf ini banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh para peziarah. Mulai dari kamar mandi, mushallah, warung makan, hingga penginapan. Banyak peziarah yang menginap dan memilih beristirahat di komplek astah Sayyid Yusuf ini setelah menempuh perjalanan jauh. Terlebih, peziarah yang datang dari luar Pulau Madura dan tiba di Talango kemalaman. Sehingga sulit untuk menemukan Kapal Tongkang yang beroperasi jika waktu sudah larut malam.

Untuk rombongan peziarah yang menaiki bus, memang tidak bisa masuk ke Pulau Poteran ini. Karena untuk tiba di sana, harus menggunakan Perahu atau Tongkang yang jelas-jelas tidak bisa menampung bus. Setelah tiba di Talango, para peziarah akan langsung disambut oleh para penarik Becak Motor di pasar Talango. Untuk tiba di kompleks wisata religi Makam Sayyid Yusuf, para peziarah bisa menggunakan jasa Becak Motor atau berjalan kaki. Kalau berjalan kaki, dari pasar atau pelabuhan, kira-kira memakan waktu 10-15 menit.

Setibanya di kompleks pemakaman, peziarah bisa langsung berziarah, atau bisa beristirahat terlebih dahulu. Bagi yang ingin shalat, tidak perlu khawatir antre kamar mandi, karena jumlah kamar mandinya cukup banyak. Bagi yang ingin membeli camilan, bisa memilih sesuka hati.



 Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC