Becak Motor di Pulau Poteran Sumenep

Advertisement

Ads

Becak Motor di Pulau Poteran Sumenep

Unzilatur Rahmah
Selasa, 31 Maret 2015

Gambar Becak Motor

Becak, bus mini, mobil L300 merupakan jenis angkutan yang biasa ditemukan di seluruh kabupaten yang ada di Madura. Namun untuk jenis angkutan Becak Motor, tidak semua kabupaten memilikinya. Hanya Bangkalan, Sampang dan Sumenep. Di Sumenep, Becak Motor terdapat di pulau Poteran, Kec. Talango.
Becak Motor yang ada di pulau Talango ini sama halnya dengan Becak Motor yang ada di daerah lain. Motor lama atau motor bodong (tidak ada STNK atau BPKB) dimodifikasi menjadi becak. Kalau ojek, hanya bisa membawa satu orang. Kalau Becak Motor, bahkan bisa membawa tiga orang. Becak Motor di pulau talango ini biasanya digunakan masyarakat setempat dan peziarah. Namun lebih banyak digunakan para peziarah yang akan berziarah ke Astah Sayyid Yusuf.

Becak Motor di pulau Talango ini terdapat paguyubannya. Demi menghindari konflik yang mungkin terjadi, dibuat lah semacam paguyuban Becak Motor yang di Kec. Talango. Paguyuban yang diketuai oleh salah seorang penarik Becak Motor (Caktor). Paguyuban tersebut kemudian membuat aturan. Aturan tersebut antara lain, beroperasi sesuai antrian, tidak boleh saling mendahului, dan tidak boleh kebut-kebutan. Bagi yang melanggar hingga 3x, maka akan dipanggil ketua paguyuban lalu dibawa ke Kapolsek. Orang yang ingin bekerja sebagai penarik Caktor pun harus terlebih dahulu melapor ke Kapolsek setempat.

Pada tahun 2014, ongkos pembuatan Caktor ini sebanyak Rp.200.000. Nampaknya keberadaan Caktor di pulau Talango telah menekan angka pengangguran, khususnya di Kec. Talango. Dengan tarif Rp.15.000 ke Astah Sayyid Yusuf untuk pulang pergi, para penarik beak bisa menambah penghasilan untuk keluarga. Harga tersebut tentunya bukan harga pas. Harga masih bisa dinego oleh para calon penumpang.

Caktor di Kec. Talango ini beroperasi bahkan selama 24 jam. Ada masyarakat yang beroperasi siang, ada pula yang malam. Para penarik Caktor biasanya merupakan bapak-bapak kepala rumah tangga yang membutuhkan penghasilan tambahan. Meski demikian, ada juga para pemuda, bahkan mahasiswa yang mau bekerja sebagai penarik Caktor ini.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com