Tungku di Madura, Masih Sangat Penting

Advertisement

Ads

Tungku di Madura, Masih Sangat Penting

Unzilatur Rahmah
Senin, 02 Februari 2015


Alat memasak modern seperti kompor gas dan kompor elektrik memang sudah banyak di jual di pasaran. Namun bagi masyarakat Madura, tungku masih menjadi alat memasak yang cukup penting. Selain jauh lebih ekonomis, juga bisa dimanfaatkan dalam hajatan-hajatan besar.

Dalam Bahasa Madura, tungku disebut tomang. Tungku di Madura ada 4 macam. Ada yang langsung menggali tanah kemudian dibentuk menjadi tungku, ada yang hanya menyusun batu bata, ada yang menggunakan tungku besi berbentuk segitiga, dan yang terakhir mencetak tungku dari tanah liat.

Untuk tungku dengan menggali tanah, batu bata, dan tungku besi, biasanya digunakan untuk memasak ketika ada hajatan besar seperti pernikahan, selamatan haji, kifayah, dan lainnya. Sedangkan tungku yang biasa dipakai sehari-hari untuk keperluan rumah tangga, biasanya menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dan tungku galian dengan ukuran lebih kecil.

Keberadaan tungku di Madura memang tidak sepenuhnya ditinggalkan. Di samping menggunakan kompor gas, masyarakat masih menggunakan tungku sebagai alat memasak alternatif ketika hajatan atau saat gas sedang sulit didapat.

Di Madura, kayu bakar yang digunakan untuk menghidupkan tungku sangat mudah didapatkan. Terutama bagi masyarakat yang masih tinggal di pedesaan. Mulai dari ranting-ranting pohon, hingga kayu yang ditebang khusus untuk dijadikan kayu bakar.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com