Bubur Jagung Menggugah Selera

Advertisement

Ads

Bubur Jagung Menggugah Selera

Unzilatur Rahmah
Minggu, 01 Maret 2015


Salah satu menu bubur yang mungkin ada baiknya dicicipi ialah bubur jagung. Bubur ini memiliki rasa manis dengan aroma yang khas. Aroma campuran jagung dan kelapa. Jagung yang digunakan biasanya jagung yang masih baru dipanen.

Masyarakat Madura yang bercocok tanam jagung biasanya akan langsung menggiling jagung baru sebagai makanan pokok. Jagung yang digunakan memang harus jagung yang baru dipanen. Karena masih memiliki aroma dan rasa yang cukup baik. Setelah digiling, biasanya ada saringan jagung yang teksturnya lebih halus. Biasanya disebut Bu’u’. Bu’u’ inilah yang diolah menjadi bubur.

Sebelum diolah, bu’u’ jagung baru ini harus diayak terlebih dahulu agar menghasilkan tekstur yang lebih halus dan terpisah dari ampasnya. Selain bu’u’ jagung dengan tekstur halus, bahan yang dibutuhkan juga 3/4 parutan buah kelapa ukuran sedang, gula merah atau gula pasir sesuai selera, 1 sendok garam dan 1 sendok air kapur barus sebagai penguat rasa.

Semua bahan dimasukkan ke dalam panci, diberi air hingga merata, kemudian dimasak dengan api kecil hingga parutan kelapa mengeluarkan sedikit minyak. Jika bubur sudah tidak lengket lagi pada pengaduk, berarti bubur sudah matang dan siap dinikmati selagi masih hangat.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : Unzilatur Rahmah