Tak Ada PS, Tutup Botol pun Jadi

Advertisement

Ads

Tak Ada PS, Tutup Botol pun Jadi

Sabtu, 17 Januari 2015

Jaman dulu, Play Station belum menjamur seperti sekarang. Begitu pula dengan game di HP. Sehingga anak-anak jaman dulu, cukup kreatif untuk menciptakan permainannya sendiri. Salah satu hasil kreatifitas anak-anak jaman dulu, ialah permainan dari tutup botol yang terbuat dari seng. Tutup botol jenis ini juga sering digunakan pengamen untuk mengamen. Di masyarakat Madura, tutup botol seng ini disebut Ruja.

Dalam hal jumlah pemain, permainan ini hampir sama seperti otèk. Bisa dimainkan sendiri, atau bersama orang lain. Jumlah Ruja  yang dimainkan juga berjumlah lima. Namun, dari cara bermain, sedikit berbeda. Berikut cara bermainnya:

1.      Dalam permainan Ruja, ada aturan yang berbeda dengan permainan otèk. Hanya ada dua tahap untuk menyelesaikan satu permainan dan mendapat poin.
2.      Jika dalam tahap pertama, tidak ada satu pun Ruja yang bertumpuk setelah dilempar, maka permainannya cukup dengan menyentilkan ruja 1 ke ruja 2, dan ruja 3 ke ruja 4, setelah mengambil satu Ruja.
3.      Jika dalam tahap pertama ada dua Ruja yang bertumpuk setelah dilempar, maka dua ruja tersebut disentil dengan salah satu Ruja, namun tidak boleh mengena Ruja yang lain.
4.      Jika dalam tahap pertama, setelah dilempar pelan ada tiga ruja yang betumpuk, maka itu artinya pemain harus melewati gunung. Caranya, tiga ruja ditumpuk, di bagian kanan-kirnyanya diletakkan masing-masing satu Ruja. Pemain harus menyentil Ruja dari kanan ke kiri (atau sebaliknya jika kidal), sehingga mengena Ruja di seberang. Namun tidak boleh sedikit pun mengena pada Ruja yang ditumpuk betiga.
5.      Jika dalam tahap pertama, ada 4 Ruja yang bertumpuk, maka lawan berhak melempar 4 Ruja tersebut dengan satu Ruja yang sendirian. Jika lemparannya kuat, Ruja akan berserakan jauh. Dan anak yang sedang bermain harus berusaha menyentil Ruja yang berjauhan hingga mengena ke salah satu Ruja yang dituju.
6.      Jika tahap pertama sudah selesai, maka selanjutnya tahap kedua. Tahap kedua ini cukup mudah. Hanya dengan memindahkan Ruja dari telapak tangan ke punggung tangan, lalu mengembalikannya lagi ke telapak tangan. Tentunya dengan cara dilempar. Dan kelima ruja harus tertangkap semuanya jika ingin mendapat poin penuh.


Note: Penjelasan nomor 2-5 merupakan penjelasan untuk permainan tahap pertama. Sedangkan nomor 6 untuk permainan tahap kedua. 

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC