Sifat-Sifat Orang Madura Yang Patut Diteladani

Advertisement

Ads

Sifat-Sifat Orang Madura Yang Patut Diteladani

Senin, 19 Januari 2015


Kesan masyarakat Madura di mata suku lain itu keras dan arogan. Meski demikian, ternyata banyak sekali loh sifaft-sifat khas masyarakat yang patut diteladani. Dan sifat-sifat orang Madura berikut ini, akan membuat hidup Anda lebih baik. Berikut sifat-sifatnya:

1. Tegas. Masyarakat Madura cenderung cepat mengambil keputusan, apalagi dalam keadaan kepepet. Sekali mengambil keputusan, pantang untuk mengubahnya lagi. Ibarat pepatah ‘pantang menjilat ludah yang sudah dibuang’. Pantang menarik ucapan yang sudah terlanjur diucapkan.

2. Memiliki harga diri yang tinggi. Carok merupakan simbol harga diri masyarakat Madura yang sangat tinggi. Oleh karenanya, jangan pernah berbuat macam-macam dengan masyarakat Madura. Kalau tidak dijinjingi celurit, ya dikirim santet. Karena ada beberapa masyarakat Madura yang masih menggunakan cara mistik untuk membalas rasa sakit hati. Ini serius loh.

3. Pekerja keras. Laki-laki, perempuan, tua, muda, kalau masih memiliki darah Madura, merupakan seorang pekerja keras. Kalau tidak percaya, lihat saja di sawah-sawah orang Madura, bukan hanya laki-laki yang memegang cangkul, perempuan pun ada yang memegang cangkul untuk menyiangi rumput di tegalan. Jika suami bekerja keras, istrinya biasanya tak mau kalah. Ikut bekerja keras pula.

4. Kompak. Meski kekompakan masyarakat Madura sudah mulai terkikis, masyarakat Madura masih bisa dinilai kompak jika dibandingkan suku lain. Kalau hanya ada kifayah di Madura tidak perlu membayar tukang gali kubur dan petugas perawat jenazah. Masyarakat siap siaga membantu menggali kubur, memandikan, mengkafani, dan mengurus urusan jenazah lainnya.

5. Senang bersilaturrahim. Kesenangan masyarakat Madura dengan silaturrahim bisa dilihat dalam acara kamratan, saat hari raya, dan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda bisa melihat masyarakat Madura suka bermain ke rumah tetangga dan kerabat dekat.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : Ahmad/EMC