Sambal Kecambah, Menggugah Selera dan Kaya Gizi

Advertisement

Ads

Sambal Kecambah, Menggugah Selera dan Kaya Gizi

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 17 Januari 2015

Sambal Petis Kecambah
Salah satu menu sambal yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah, ialah sambal kecambah. Sesuai dengan namanya, sambal ini salah satu bahan dasarnya ialah kecambah. Sambal kecambah merupakan salah satu jenis sambal yang banyak disukai oleh masyarakat Madura.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya tinggal menyiapkan garam, cabai, petis, sedikit gula pasir, kecambah dan penyedap. Jika Anda tidak suka menggunakan penyedap rasa, Anda bisa menghapusnya dari daftar bahan. Cara membuat sambal kecambah ialah, pertama Anda ulek cabe, garam, petis, gula, dan penyedap secukupnya. Beri sedikit air, lalu ulek hingga semua bahan tercampur rata. Usahakan agar bahan tersebut tidak terlalu cair, tetapi sedikit kental. Lalu masukkan kecambah dalam keadaan mentah. Campur rata.

Sambal kecambah siap dinikmati. Menikmati Sambal Kecambah akan jauh lebih nikmat dengan nasi jagung, lauk ikan tongkol, dan sop Daun Kelor. Sambal Kecambah mentah ini, selain menggugah selera juga kaya akan lemak nabati. Sangat bagus dikonsumsi orang yang sedang menjalani program kehamilan, baik laki-laki mau pun perempuan. Karena secara medis, kecambah bagus untuk meningkatkan kesuburan. Asal, cabenya jangan terlalu banyak ya…


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC