Permainan Tutup Mata Cari Batu yang Sudah Punah

Advertisement

Ads

Permainan Tutup Mata Cari Batu yang Sudah Punah

Unzilatur Rahmah
Rabu, 07 Januari 2015

Salah satu permainan tradisional Madura yang sudah langka adalah permainan tutup mata cari batu. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua anak. Ada satu anak yang memegang dan nantinya mencari batu, dan satunya lagi menutup mata anak yang memegang batu.

Alat bermainnya hanya batu. Cara bermainnya adalah sebagai berikut :

1.      Untuk menentukan siapa yang akan memegang dan mencari batu, dan siapa yang meutup mata temannya, ialah dengan cara suit. Yang kalah, dia yang ditutup matanya, memegang batu, lalu mencarinya.
2.      Anak yang menang menutup mata anak yang kalah dengan tangannya seperti orang yang ingin memberikan kejutan. Sambil ditutup matanya, anak yang kalah memegang batu yang sebelumnya sudah dipilih dan diingat bentuk, warna, dan tekstur khususnya.
3.      Selanjutnya, sambil menutup mata anak yang kalah, anak yang menang mengajaknya berkeliling. Sampai anak yang kalah sedikit bingung dan pusing mengenai arahnya berjalan, batu jangan minta diletakkan dulu.
4.      Jika anak yang kalah dan ditutup matanya sudah sedikit bingung, batu diminta diletakkan. Tempat untuk meletakkan batu biasanya tempat yang memang banyak batunya. Sehingga ketika anak yang kalah mencari, ia akan semakin bingung dengan banyaknya batu.
5.      Jika batu sudah diletakkan, anak yang kalah kembali dibawa berjalan dengan mata tetap tertutup.

6.      Jika sekiranya anak yang kalah sudah semakin bingung arah, matanya dibuka. Langkah selanjutnya, anak yang kalah akan mencari batu yang tadi sampai ketemu. Jika dia menyerah, maka dia mendapat hukuman dari anak yang menang.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/EMC