Permainan Otèk, Santai Tapi Seru

Advertisement

Ads

Permainan Otèk, Santai Tapi Seru

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 17 Januari 2015

Salah satu permainan yang bisa dimainkan anak dalam jumlah berapa pun ialah permainan Otèk. Bahkan bermain sendiri pun, permainan Otèk bisa dimainkan. Bermain Otèk sebetulnya bermain kerikil. Kerikil yang dimainkan berjumlah lima.

Bermain Otèk biasanya dimainkan oleh 1-4 anak. Jika bermain sendiri, sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang latihan. Sehingga ketika bermain dengan lawan, menjadi lebih mahir. Cara bermain Otèk jika ada lawannya ialah sebagai berikut:

1.      Pertama, semua pemain hompimpa, dan suit untuk menentukan siapa yang akan bermain lebih awal, siapa yang akan bermain paling akhir.
2.      Cara bermain Otèk ialah, pertama, semua batu yang berjumlah lima dilempar pelan. Diambil satu batu. Kemudian sambil melempar satu batu ke atas, batu yang dibawah diambil, pertamanya satu-satu. Kemudian, dua-dua, selanjutnya tiga dan satu. Lalu empat sekaligus. Selama bermain, tangan tidak boleh menggerakkan batu yang masih dibiarkan. Jika secara sengaja atau pun tidak, menggerakkan batu yang masih dibiarkan, berarti dia gagal. Pemain diganti ke giliran berikutnya.
3.      Jika sudah sampai pada permainan tahap empat tersebut, langkah selanjutnya ialah meletakkan kelima batu tersebut di punggung tangan dengan cara melemparnya terlebih dahulu. Lawan selanjutnya memilih batu mana yang tidak boleh dijatuhkan. Anak yang sedang bermain berusaha menjatuhkan batu satu persatu, kecuali yang dipilih oleh lawan.
4.      Selanjutnya, batu yang dipunggung diganti satu-persatu dengan batu yang dijatuhkan tadi. Pada batu terakhir, batu dipindahkan ke genggaman tangan dengan cara melemparnya lalu menangkap batu tersebut. Satu permainan selesai. Anak yang bisa menyelesaikan satu permainan, berarti mendapat satu poin.

5.      Aturan dalam bermain Otèk cukup sederhana. Jika anak yang bermain gagal melakukan salah satu tahap dalam permainan, maka pemain diganti ke giliran berikutnya.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC