Permainan Ka-Lèngka Bagi Anak Perempuan Madura

Advertisement

Ads

Permainan Ka-Lèngka Bagi Anak Perempuan Madura

Unzilatur Rahmah
Rabu, 07 Januari 2015

Salah satu permainan tradisional Madura yang juga sudah tidak ada peminatnya adalah permainan Ka-Lèngka atau melangkah dengan rintangan. Permainan ini lebih sering dimainkan oleh anak perempuan. Jumlah anak yang bermain minimal 3 orang. 1 orang yang bermain, 2 orang membuat rintangan dengan tangannya. Permainan ini bisa juga dimainkan secara berkelompok.

Rintangan yang dibuat mulai dari yang sederhana hingga yang paling sulit. Yang paling sederhana biasanya jengkangan 1 tangan. Lalu 2, 3 dan 4. Anak yang sedang bermain harus melewati rintangan tanpa menyentuh tangan temannya yang membentuk rintangan.

Jika ia menyentuh, maka giliran selanjutnya. Begitu seterusnya secara bergantian. Anak yang selesai terlebih dahulu, dia yang menang. Dia juga berhak menentukan hukuman bagi anak yang kalah.


Untuk permainan kelompok, kesalahan yang dibuat satu orang berakibat pada kelompoknya. Sehingga jika salah satu anggota kelompok menyentuh tangan lawan yang membentuk rintangan, maka yang bermain diganti oleh kelompok berikutnya.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/EMC