Pelepah Pohon Pinang, Kendaraan Masa Anak-anak

Advertisement

Ads

Pelepah Pohon Pinang, Kendaraan Masa Anak-anak

Unzilatur Rahmah
Kamis, 08 Januari 2015

Pelepah pohon pinang merupakan mainan yang bisa didapat dimana saja. Menjadikan pelepah pohon pinang sebagai alat bermain tidak hanya ada di Madura. Bahkan dalam film Laskar Pelangi yang berlatar pulau Belitong, pelepah pohon pinang juga dimainkan.

Dulu di Madura, sepulang sekolah, anak-anak secara berkelompok mencari pelepah pohon pinang yang sudah kering dan jatuh sendiri. Bagian pangkal daunnya yang lebar membuatnya bisa ditumpangi. Daun-daunnya dibersihkan terlebih dahulu dan hanya disisakan sedikit di bagian ujung sebagai pegangan ketika menariknya.

Selanjutnya 2-3 anak naik pelepah tersebut, dan anak yang lain menarik hingga pelepah berjalan menyusur jalan-jalan yang dulu tak beraspal. Anak-anak secara bergantian menaiki pelepah sesuai dengan jarak tempuh yang sudah disepakati bersama. Jadi lah pelepah pohon pinang sebagai kendaraan sepulang dari sekolah.


Anak-anak pulang sambil tertawa sepanjang jalan. Bahkan ada beberapa anak yang curang. Ketika giliran ia menarik, ia justru tidak mau. Keributan kecil pun terjadi. Namun selang beberapa saat, mereka berdamai dan kembali menaiki pelepah pohon pinang secara bergantian.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/EMC