Pekerjaan Ahli Gigi di Madura

Advertisement

Ads

Pekerjaan Ahli Gigi di Madura

Unzilatur Rahmah
Rabu, 28 Januari 2015

Jangan sampai pembaca mengira, ahli gigi yang dimaksud dalam tulisan ini adalah dokter gigi. Ahli gigi yang kami maksud ialah tukang pasang gigi palsu.

Pekerjaan menjadi tukang pasang gigi palsu memang pekerjaan yang tidak legal, namun bukan berarti ilegal. Karena pekerjaan memasang gigi palsu di Madura bukan berdasarkan ilmu medis, tetapi murni karena keahlian.

Penghasilan sebagai tukang pasang gigi palsu ternyata cukup besar. Apalagi beberapa masyarakat Madura yang bekerja sebagai tukang pasang gigi palsu ada yang merantau ke daerah Kalimantan. Harga untuk satu set gigi palsu satu bagian saja berkisar Rp.300.000-Rp.750.000. Harga ini tentu disesuaikan dengan kualitas bahan.

Salah satu tukang pasang gigi palsu yang cukup terkenal di daerah Pamekasan adalah Mattoryo. Sayangnya dia sudah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Namun demikian, banyak sekali tukang pasang gigi lain yang bermunculan.

Selain memasang gigi palsu, pekerjaan sebagai ahli gigi biasanya juga menerima permintaan orang yang sakit gigi, dan giginya minta dicabut. Dengan menggunakan peralatan seadanya dan tanpa obat bius, mencabut gigi ke ahli gigi semacam ini mungkin sakitnya setengah dari sakit dicabut nyawa. Namun demikian, ahli gigi semacam ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak memiliki uang cukup untuk pergi ke dokter gigi.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC