Pasarean Joko Tarub di Madura ? Benarkah ?

Advertisement

Ads

Pasarean Joko Tarub di Madura ? Benarkah ?

Senin, 19 Januari 2015


Terlepas dari benar atau tidaknya tentang lokasi pemakaman Joko Tarub, lokasi Pasarean Joko Tarub yang terletak di Dusun Pacanan Desa Montok Kec. Larangan, Kab. Pamekasan (Sebelah Barat Pantai Talang Siring) ini ada saja yang mengunjungi. Legenda seorang pemuda yang menikahi seorang bidadari yang diambil selendangnya ini mengambil tempat tersendiri di hati masyarakat.

Meski ada versi lain tentang makan Joko Tarub, yakni di Gunung Kidul, makam Joko Tarub di Pamekasan ini menyajikan daya tarik tersendiri. Lokasi makam Joko Tarub di Pamekasan Madura ini berada di jalan akses provinsi. Pengunjung dari arah kota Pamekasan bisa menemukan petunjuk makan Joko Tarub di sebelah kanan jalan, atau di sebelah selatan jalan.

Saat masuk ke lokasinya, pengunjung disajikan sebuah kelompok rumah adat Madura yang masih betul-betul asli. Begitu pula dengan Kobhung yang ada di depan rumah adat tersebut. Penghuni rumah tersebut menurut cerita, merupakan keturunan Joko Tarub yang ada di sana. Makan Joko Tarub ada di sebelah tenggara. Pengunjung harus melewati jalan setapak kira-kira sepanjang 50 m. Di pinggir jalan setapak tersebut diberi pagar dari bambu. Dan di luar pagar banyak berjejer pohon bambu.

Kompleks pemakaman yang terdiri dari puluhan makan tersebut, menurut cerita masyarakat setempat, merupakan keturunan Joko Tarub. Di pintu masuk, pengunjung akan diminta untuk melepaskan alas kakinya. Pengunjung akan melihat beberapa puluh makam yang diberi nama dan tudung kain berwarna putih. Di bagian tengah, terdapat bangunan yang berisi dua makam. Dua makam itu lah yang dipercaya sebagai makam Joko Tarub dan Nawang Wulan.

Selain itu, terdapat kepercayaan bahwa bagi pasangan yang berkunjung ke sana, jika menuliskan namanya di pohon bambu di sebelah pintu masuk makam, akan membuat keduanya berjodoh. Meski keadaan pasangan tersebut saat itu kemungkinan besar tidak berjodoh. Dengan menulis nama mereka di pohon bambu, kisahnya akan seperti kisah Joko Tarub yang berjodoh dengan bidadari.

Entah semua cerita tersebut benar atau tidak, yang jelas, pemakaman Joko Tarub di Pamekasan Madura ini memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pamekasan.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC