Cara Membuat Minyak Kletek Dari Kelapa Biasa dengan Peralatan Seadanya

Advertisement

Ads

Cara Membuat Minyak Kletek Dari Kelapa Biasa dengan Peralatan Seadanya

Unzilatur Rahmah
Kamis, 29 Januari 2015

Ternyata tidak hanya Kelapa Sawit yang bisa diolah menjadi miyak goreng. Kelapa yang biasa dipakai dalam masakan rumah tangga pun bisa diolah menjadi minyak (Minyak Kletek). Tapi memang membutuhkan kelapa yang cukup tua dan banyak. Minimal sepuluh buah Kelapa dalam sekali olahan. Agar tidak buang-buang waktu dan tenaga.

Membuat minyak kelapa(Madura: Minyak Kletek) sendiri tidak butuh pabrik. Cukup sediakan parut (jika tidak ingin lelah memarut kelapa, bisa digiling), tirisan, tungku atau kompor, dan wadah panci yang agak besar.

Cara membuatnya cukup mudah. Parut atau giling kelapa yang sudah dikupas bersih kulit arinya. Peras santannya hingga 2 atau 3 kali. Dalam memeras santan, jangan terlalu banyak air, beri sedikit saja. Sekadar mengeluarkan santan yang tersisa. Lalu rebus santan yang sudah siap. Selama merebus santan, agar tidak meluap dari wadah setelah mendidih, sambil lalu diaduk, atau beri cangkir yang terbuat dari beling di dalam santan. Rebus hingga airnya habis, dan santan mengeluarkan minyak.

Rasa dari minyak kelapa biasa ini memang berbeda dari kelapa sawit. Aromanya lebih wangi dan ada sedikit rasa kelapa. Selain bisa digunakan untuk menggoreng, minyak kelapa biasa ini biasanya digunakan sebagai alat memijat. Dan tukang pijat di Madura masih ada yang menggunakan minyak kelapa ini untuk memijat pasien.






Di bagian bawah minyak biasanya terdapat sisa-sisa santan yang mengental. Sisa-sisa santan ini bisa dimakan langsung atau di goreng hingga garing dan bisa dibuat camilan lho.....

 






Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC