Lezatnya Kudapan Bilus Saat Hujan

Advertisement

Ads

Lezatnya Kudapan Bilus Saat Hujan

Unzilatur Rahmah
Rabu, 07 Januari 2015

Bilus atau Belus sebetulnya satu saudara dengan Kocor. Sama-sama olahan kue sangat manis yang biasa disajikan saat hari-hari besar Islam. Bedanya ialah dari bentuk dan bahan tepungnya. Bentuknya tidak bulat menggunung, tapi seperti ular yang sedang melingkar renggang. Sedangkan tepungnya menggunakan tepung terigu.

Takaran antara gula dan tepungnya sama dengan Kocor. Namun, lebih sedikit gula, lebih baik. Bedanya, tidak ada Bilus yang menggunakan gula merah. Adonan Bilus dibuat lebih kental (tidak sampai meleleh) dibandingkan Kocor. Cara membuat adonannya pun sama. Campur tepung dengan gula, beri sedikit air hingga tepung basah semua. Diamkan hingga gula hancur. Atau jika ingin cepat, bisa sambil diaduk-aduk hingga gula hancur. Bentuk adonan Bilus biasanya agak kental.

Untuk cetakannya, bisa menggunakan batok kelapa yang sudah dibentuk wadah, dan diberi lubang di bagian tengah bawah. Lubang tersebut bisa seukuran jari. Yang sulit dari membuat Bilus adalah ketika menuangkan adonan ke dalam penggorengan. Karena tangan harus sambil memutar agar adonan membentuk melingkar. Jika sudah menjadi lingkaran penuh, lubang harus segera ditutup dengan tangan yang sebelah. Dalam menggoreng Bilus, nyala api dalam keadaan sedang. Goreng hingga coklat keemasan.

Kudapan Bilus ini sangat mantap jika dinikmati selama masih hangat. Ada tekstur garing di bagian luarnya. Dan aromanya pun masih sangat harum. Penasaran ? Silakan coba buat sendiri di rumah masing-masing.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com