Kue Tettel Andalan Masyarakat Madura Saat Ada Hajatan

Advertisement

Ads

Kue Tettel Andalan Masyarakat Madura Saat Ada Hajatan

Unzilatur Rahmah
Senin, 19 Januari 2015

Ketan merupakan salah satu bahan pangan yang bisa diolah menjadi beraneka jenis makanan. Mulai dari makanan pokok hingga makanan ringan seperti kudapan. Salah satu olahan ketan yang cukup terkenal di Madura adalah Tettel. Kudapan berwarna putih ini memberikan daya tarik tersendiri.

Rasa khas  Tettel memang banyak disukai orang. Karena tidak membuat enneg meski memakannya dalam jumlah banyak. Rasa Tettel hanya berasal dari gabungan antara ketan, kelapa, dan sedikit garam.

Cara membuatnya pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya :

1. Sediakan beras ketan kualitas nomor satu. Untuk 1 kg beras ketan, dipadukan dengan 1 buah kelapa berukuran sedang yang sudah diparut.

2. Beras ketan direndam selama 3-4 jam setelah dicuci. Setelah direndam, ketan ditiriskan lalu dicampur dengan parutan kelapa dan diberi sedikit garam. 3/4 sendok makan garam sudah cukup untuk ketan 1 kg.

3. Campuran ketan, kelapa dan garam selanjutnya dikukus hingga matang. Setelah dikukus, ketan yang sudah matang dituang dalam wadah ember karet untuk ditumbuk. Alat penumbuknya biasanya menggunakan kayu.

4. Untuk penyajian, Tettel di dalam nampan diiris menjadi ukuran kecil. Tettel siap disajikan.

Jika Anda penasaran dengan rasanya, bisa mencoba sendiri di rumah. Anda tidak perlu khawatir, kemungkinan gagal membuat Tettel kecil kok.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC