Kèkèan, Gasing Khas Madura

Advertisement

Ads

Kèkèan, Gasing Khas Madura

Unzilatur Rahmah
Kamis, 08 Januari 2015

Salah satu mainan tradisional yang cukup eksis adalah Kèkèan. Kekean merupakan sejenis mainan yang cara bermainnya sama dengan gasing. Perlombaan Kèkèan kalau dulu bahkan diadakan hingga tingkat kabupaten.

Kèkèan merupakan mainan yang terbuat dari kayu atau akar kayu yang sudah tua. Dibentuk seperti piramida terbalik namun tidak membentuk sudut. Kalau dibalik, berbentuk kerucut. Di bagian bawah, ditanam besi kecil dengan ujungnya yang tumpul sebagai tumpuan ketika berputar. Agar Kèkèan terlihat halus di bagian permukaannya, si pembuat Kèkèan menghaluskannya dengan ampelas. Semakin halus, Kèkèan akan terlihat semakin bagus.

Cara membuat Kèkèan berputar ialah dengan menggunakan tali kecil. Tali tersebut dililitkan ke badan Kèkèan hingga badannya tertutup oleh tali. Setelah dililit tali, ujung tali yang sebelah dipegang, dan Kèkèan dilempar. Dalam perlombaan Kèkèan, yang paling lama berputar, dial ah yang menang.


Kèkèan dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kalau dulu sewaktu masih musim, harga jual Kèkèan yang sering mendapat juara bisanya mahal. Namun sekarang, permaian Kèkèan sudah sepi peminat. Meski masih ada sebagian masyarakat yang menyimpan koleksi Kèkèan-nya.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/EMC