Karet Gelang Juga Bisa Menjadi Permainan yang Mengasyikkan

Advertisement

Ads

Karet Gelang Juga Bisa Menjadi Permainan yang Mengasyikkan

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 17 Januari 2015

Karet gelang merupakan jenis barang yang cukup efektif dijadikan sebagai alat bermain. Banyak sekali jenis permainan yang menggunakan alat karet gelang ini. Permainannya pun tak kalah seru dengan bermain game online.

Berikut beberapa permainan yang bisa dimainkan hanya dengan menggunakan karet gelang:

1.      Lompat tali.
Jika memiliki karet gelang dalam jumlah banyak, Anda bisa merajutnya hingga menjadi alat untuk bermain lompat tali. Caranya, bisa belajar sama penulis. He

2.      Tal-ontal tabing (lempar dinding)
Permainan ini merupakan permainan untung rugi. Beberapa anak (2 atau lebih) membuat kesepakatan untuk mengumpulkan karet gelang milikya masing-masing, misalnya setiap anak, mengumpulkan 5 karet gelang. Anak-anak tersebut kemudian hompimpa, dan terakhir suit untuk menentukan siapa yang akan bermain duluan. Di bagian bawah dinding biasanya ada sedikit tempat; batas antara dinding dan pondasi, dimana bagian pondasi lebih menjorok ke luar. Di sana lah karet-karet yang sudah dikumpulkan dilempar. Karet yang tersisa di bagian pondasi yang menjorok ke luar itu menjadi milik anak yang melempar. Hal itu dilakukan secara bergiliran. Baik anak tersebut mendapatkan karet saat bagiannya melempar, atau pun tidak.

3.      Panah-panahan
Karet gelang juga bisa dijadikan sebagai panah mini. Cara membuatnya, cukup putuskan karet gelang menjadi berbentuk tali. Kedua ujungnya diikatkan pada lidi di bagian ujung pula. Pilih lidi yang cukup kuat. Jadi lah karet gelang + lidi menjadi sebuah panah mini. Anak panahnya sendiri juga terbuat dari lidi yang diruncingkan. Yang bermain panah-panahan ini biasanya anak laki-laki. Panah mini biasa digunakan anak-akan untuk berburu atau membunuh cicak.

Selain ketiga permainan dengan alat karet gelang di atas, sebetulnya masih ada lagi permainan dari karet gelang lainnya. Sayangnya, penulis tidak tahu namanya. Bagi yang ingin mencoba, silakan coba sendiri di rumah.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC