Daun Mimba, Jamu Ekstra Pahit Namun Banyak Khasiatnya

Advertisement

Ads

Daun Mimba, Jamu Ekstra Pahit Namun Banyak Khasiatnya

Unzilatur Rahmah
Kamis, 29 Januari 2015

Bagi kebanyakan orang, bukan jamannya lagi meminum jamu dengan rasa tidak enak. Karena sekarang sudah banyak jamu yang dijual di pasaran dengan rasa yang cukup manis. Kalau dulu, jamu yang diminum oleh masyarakat pasti pahit. Karena jamu diolah sendiri dari bahan-bahan alami yang diperoleh dari pekarangan.

Salah satu bahan jamu yang terkenal dengan rasa yang ekstra pahit, ialah daun mimba. Daun ini memiliki pohon yang bisa menjulang tinggi. Pinggirnya berbentuk runcing menyerupai daun bunga mawar.
Terdapat dua cara mengolah Daun Mimba menjadi jamu. Pertama dengan ditumbuk bersama kunyit dan daun asam, lalu diperas sari patinya. Kedua, Daun Mimba tanpa campuran apa pun direbus hingga mengeluarkan sari pati.

Meminum jamu dari Daun Mimba selain rasa pahitnya yang cukup mengganggu, juga aromanya yang tidak enak. Bagi orang yang tidak terbiasa, mencium aromanya saja mungkin akan langsung muntah. Namun itu bisa disiasati dengan sambil menyumbat indra penciuman. Lalu meminumnya hingga habis dan tidak ada sisa jamu sedikit pun di dalam mulut. Baru dibuka indra penciumannya. Jika setelah dibuka masih tetap mau muntah, sebisa mungkin ditahan.

Orang Madura percaya dengan meminum jamu dari Daun Mimba, akan betah dengan cuaca dingin, juga nyamuk enggan menggigit. Mungkin karena rasa pahit Daun Mimba mengalir di dalam darah. Selain itu, Daun Mimba juga berkhasiat menekan gula darah, sehingga mencegah terjadinya diabetes. Juga menyembuhkan gatal-gatal, membasmi jerawat, mengobati diare, menyembuhkan penyakit liver, meredakan nyeri serta obat penurun panas.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com