Cara Efektif Melestarikan Permainan Tradisional

Advertisement

Ads

Cara Efektif Melestarikan Permainan Tradisional

Unzilatur Rahmah
Senin, 19 Januari 2015

Permainan tradisional yang memiliki kelebihan jika dibandingkan game modern kini hampir tergilas zaman. Hanya menunggu waktu saja, ke depan, hampir tidak ada anak-anak yang mengenal permainan tradisional.
Padahal, permainan tradisional memiliki dampak yang sangat positif bagi anak-anak dalam kehidupan sosialnya. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai sarana untuk melatih anak tentang kerjasama, kepemimpinan, toleransi, dan hal-hal yang akan sangat berguna dikehidupannya mendatang. Itu lah mengapa upaya melestarikan permainan tradisional sangat perlu diagendakan.

Cara melestarikan permainan tradisional sebetulnya hampir sama dengan cara melestarikan budaya. Masyarakat dan pemerintah harus bekerjasama untuk melestarikan permainan tradisional. Dari peran kedua pihak tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk melestarikan permainan tradisional.

1.      Melalui keluarga. Orang tua bisa mengajarkan anak agar tidak selalu menghabiskan waktu bermain di depan TV, PC, maupun HP. Ajak dan ajari anak untuk bermain permainan tradisional yang orang tua tahu. Ketika anak sudah tahu, dia bisa menularkan permainan tersebut pada teman-temannya di sekolah atau teman bermainnya.

2.      Lingkungan bermain anak-anak. Dulu, selama penulis menjadi anak-anak, biasanya belajar permainan tradisional dari teman bermain. Terutama dari anak yang usianya lebih tua. Bahkan kalau dulu, anak yang sudah berusia remaja pun, masih bermain permainan tradisional dengan anak-anak.

3.      Pameran budaya setempat. Selama ini, pagelaran budaya yang diadakan di beberapa kabupaten di Madura belum ada yang mengangkat permainan tradisional untuk diperkenalkan ke masyarakat luar. Paling hanya pameran kesenian, batik, yang sama sekali tidak berkaitan dengan permainan tradisional. Pemerintah daerah bisa memasukkan ajang bermain permainan tradisional bersama, dalam agenda pagelaran budaya.


Semoga dengan tulisan sederhana ini, permainan tradisional masyarakat, khususnya Madura, menjadi lebih eksis lagi. Sehingga warnet dan play station kembali sepi. he

Author : Unzilatur Rahmah