Berkenalan Dengan PP. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

Advertisement

Ads

Berkenalan Dengan PP. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

Unzilatur Rahmah
Kamis, 29 Januari 2015

Miftahul Qulub Masaran Pamekasan

Madura terkenal dengan lembaga pendidikan Islam berbasis pesantren. Sehingga sejak dulu, pesantren memegang peran dalam membangun keilmuan dan moral masyarakat. Banyak sekali pesantren di Madura, khususnya di Pamekasan yang concern membina masyarakat dalam keilmuan agama, sains, dan akhlak.

Salah satu pesantren di Pamekasan yang cukup ramai peminatnya ialah Pondok Pesantren Miftahul Qulub yang berlokasi di Jl. Masaran Desa Polagan Kec. Galis Pamekasan. Pesantren ini memberikan wadah bagi para pelajar dari tingkat PAUD hingga sekolah menengah kejuruan.

Terletak di tengah-tengah areal sawah yang membentang, PP. Miftahul Qulub didirakan oleh Kiayi Fadholi Siraj pada tahun 1960. Pejalanan PP. Miftahul Qulub juga dirintis dari nol. Di awal, Kiayi Fadholi Siraj hanya mendirikan langgar sebagai tempat mengajar ilmu agama dan AL-Qur’an kepada masyarakat. Dulunya, beliau hanya seorang guru ngaji. Karena semakin banyak masyarakat yang mengaji, didirikan lah masjid Miftahul Qulub. Baru setelah Kiayi Fadholi Siraj meninggal, putranya merintis Madrasah Diniyah Miftahul Qulub yang masih eksis hingga sekarang.

Nampaknya PP. Miftahul Qulub tidak hanya peduli dengan pendidikan keagamaan saja, tetapi juga sains. Terbukti dengan berdirinya SMK Miftahul Qulub yang berada di bawah naungan pesantren ini.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com