Berbagai Kebutuhan Rumah Tangga Dari Daun Siwalan

Advertisement

Ads

Berbagai Kebutuhan Rumah Tangga Dari Daun Siwalan

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 17 Januari 2015

Buah Siwalan tidak hanya segar buahnya, daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Daun Siwalan merupakan jenis daun yang kasar dan cukup kuat untuk dijadikan sebagai kebutuhan rumah tangga. Berbagai kebutuhan rumah tangga dari daun Siwalan antara lain sebagai berikut:

1. Ketupat

Daun Siwalan yang masih muda juga disebut janur. Janur daun Siwalan diiris menjadi simetris kemudian dibuat ketupat. Ada yang membuat ketupat saat janur masih basah, ada pula sesudah janur dijemur kering. Janur kering biasanya lebih bisa tahan lama tanpa perlu dieratkan lagi. Ketupat yang terbuat dari janur daun Siwalan kering cocok jika ketupatnya dibuat untuk dijual.

2. Tikar

Banyak ibu-ibu di Madura yang memiliki pekerjaan sebagai pembuat tikar. Selain dijadikan sebagai alas untuk bersantai, tikar daun Siwalan juga digunakan sebagai pembungkus tembakau rajang yang sudah kering.

3. Kipas

Kipas dari daun Siwalan merupakan bentuk kecil dari tikar. Bentuknya bukan persegi panjang. Tapi Persegi empat dengan ukuran kecil.

4. Timba

Orang yang ahli membuat timba siram berpasangan ini sudah hampir tidak ada. Karena saat ini sudah ada produk timba buatan pabrik yang terbuat dari seng.

5. Kayu bakar (rodibhen)

Cara paling mudah memanfaatkan daun siwalan ialah menggunakannya sebagai kayu bakar. Masyarakat Madura yang masih menggunakan tungku untuk memasak, memanfaatkan daun Siwalan ketika akan menghidupkan api. Karena teksturnya yang mudah sekali terbakar, daun Siwalan sangat cocok digunakan untuk menghidupkan api di musim penghujan seperti sekarang.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/eMadura.com