Makam Ronggosukowati, Situs Sejarah yang Dilupakan

Advertisement

Ads

Makam Ronggosukowati, Situs Sejarah yang Dilupakan

Senin, 19 Januari 2015


Salah satu tokoh Pamekasan yang berperan penting dalam sejarah Pamekasan adalah Pangeran Ronggosukowati. Ia adalah raja dari keraton Mandilaras sejak tahun 1530. Pangeran Ronggosukowati merupakan tokoh Pamekasan yang meletakkan dasar-dasar pemerintahan yang tertata.

Saat wafatnya, Pangeran Ronggosukowati dimakamkan di sebelah utara keraton (sekarang Pemkab Pamekasan), tepatnya di sebelah barat pasar Kolpajung Pamekasan. Ke utara dari arah Arek Lancor. Ronggosukowati dimakamkan di tempat pemakaman yang memang sudah ada sejak masa pemerintahannya.
Sayangnya, makam tokoh sejarah Pamekasan ini sepi peziarah. Pemkab Pamekasan memang meletakkan petunjuk di pintu masuk makam. Namun keadaan makan sangat jauh berbeda dengan pasar Kolpajung di sebelahnya. Makam sangat sepi, sedangkan pasar ramai setiap hari.

Padahal jika dimanfaatkan sebagai objek wisata sejarah, makam ini sangat bagus. Cerita tentang Ronggosukowati pun tidak hanya ramai di dunia maya. Tetapi juga bisa dilihat bukti sejarahnya dengan adanya makam Ronggosukowati. Pemkab Pamekasan harusnya lebih proaktif dalam memperkenalkan wisata-wisata di Pamekasan. Termasuk pemanfaatan makam Ronggosukowati sebagai objek wisata religi sekaligus sejarah.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC