Krupuk Ikan Kremes Andalan Masyarakat Pesisir

Advertisement

Ads

Krupuk Ikan Kremes Andalan Masyarakat Pesisir

Unzilatur Rahmah
Rabu, 07 Januari 2015


Salah satu produk unggulan masyarakat pesisir adalah ikan. Pada musim tangkapan banyak, ikan menjadi tidak terjual habis. Dari situ, masyarakat pesisir memanfaatkannya untuk dibuat krupuk ikan kremes atau krispi. Jenis ikan apa pun sebenarnya bisa diolah menjadi krupuk. Tergantung kreativitas orang yang membuatnya.

Krupuk ikan kremes bisa didapat di toko-toko oleh-oleh khas Madura, pasar, atau para pedagang yang menjajahkan produk ini. Dan yang hebat dari Krupuk Ikan Kremes khas Madura, biasanya tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna. Untuk mengawetkan produk ini, pembuatnya biasanya menggunakan garam. Sehingga rasa Krupuk Ikan Kremes khas Madura itu sedikit lebih asin dibandingkan produk dari luar.

Ikan dilumuri tepung, diebri garam dan sedikit penyedap, kemudian digoreng hingga garing. Siapa pun sebetulnya bisa membuat olahan ikan ini. Namun yang menjadi sulit terkadang, bagaimana caranya membuat ikan yang awalnya basah menjadi krispi. Kadang justru tepungnya lebih cepat garing dibandingkan ikannya. Ikannya belum kenapa-kenapa, tepungnya sudah gosong. Maka agar praktis kalau sekadar ingin mencoba rasanya, beli saja. Tidak tahu kalau bermaksud menjadi produsen.


 Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Ahmad/EMC