Kebiasaan Pedagang Madura Mengucapkan ‘Rus-Ghârus’

Advertisement

Ads

Kebiasaan Pedagang Madura Mengucapkan ‘Rus-Ghârus’

Unzilatur Rahmah
Rabu, 28 Januari 2015

Setiap daerah tentu memiliki tradisi masing-masing dalam setiap pekerjaan. Di Madura, terdapat kebiasaan cukup unik yang biasa dilakukan oleh para pedagang. Kebiasaan tersebut ialah mengucapkan Rus-Ghârus saat ada pembeli pertama dalam satu hari penjualan.

Di hari berikutnya dan seterusnya, pedagang tersebut akan mengucapkan Rus-Ghârus setiap ada pembeli pertama. Meski demikian tidak semua pedagang mengucapkan kata tersebut. Karena tidak semua masyarakat Madura percaya hal tersebut. Terlebih, pedagang yang sudah mengenyam pendidikan cukup. Karena ketika ditanyai tentang asal-usul kepercayaan tersebut, masyarakat hanya menjawab karena itu diajarkan oleh sesepuh sejak dulu.

Tidak jelas darimana sumbernya. Ghârus dalam bahasa Indonesia artinya ‘Laku’. Kalau Rus-Ghârus berarti ‘hal yang membuat laku’. Mengucapkan Rus-Ghârus biasanya dibarengi dengan mengibas-ngibaskan uang pertama yang diperoleh pada parang dagangannya. Dengan mengucapkan kata Rus-Ghârus sambil mengibaskan uang tersebut, para pedagang percaya dagangannya akan laku pesat di hari itu.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Saiful/EMC