Bermain Perang-perangan dengan Keris dari Daun Kelapa

Advertisement

Ads

Bermain Perang-perangan dengan Keris dari Daun Kelapa

Unzilatur Rahmah
Senin, 19 Januari 2015


Keris merupakan salah satu senjata khas Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa, Madura dan Bali menjadikan keris sebagai senjata tradisional. Keris juga merupakan senjata yang digunakan para pejuang untuk melawan penjajah, selain tombak dan bambu runcing.

Ternyata, senjata tradisional bernama keris ini bisa dibuat duplikatnya loh. Dengan menggunakan daun kelapa satu lembar saja, sudah bisa membuat sebuah keris duplikat. Keris duplikat ini memang tidak untuk dijadikan senjata. Tetapi hanya untuk dibuat mainan. Zaman dulu, anak-anak menggunakan keris duplikat ini sebagai senjata untuk bermain perang-perangan.

Sebelum menggunakan keris mainan dari daun kelapa ini, anak-anak biasanya terlebih dahulu menentukan cerita apa yang akan dimainkan. Kalau zaman dulu, ada sinetron laga seperti Angling Darma dan Misteri Gunung Merapi yang sering dijadikan referensi untuk bermain perang-perangan. Kalau cerita sudah ditentukan, langkah selanjutnya ialah memilih peran. Anak-anak biasanya memilih sendiri peran yang akan dimainkan. Jika tidak ada yang mau menjadi pemeran antagonis, anak yang lebih tua dalam kelompok bermain tersebut yang akan menentukan peran.

Setelah cerita siap dimainkan, anak-anak mulai bermain. Pada adegan laga, anak-anak akan mengeluarkan keris mainan tersebut. Keris duplikat yang terbuat dari daun kelapa atau janur ini biasanya disimpan di sela-sela celana. Meniru dalam sinetron.

Keris mainan ini sebetulnya sangat mudah dibuat. Hanya saja tak banyak anak-anak yang bisa membuatnya. Apalagi di zaman sekarang. Maka buat para pembaca yang bisa membuat keris mainan ini, bisa Anda tularkan ke teman, adik atau putra-putri tercinta.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2015 - Unzilatur/EMC