Sayur Urap Bakar Jantung Pisang

Advertisement

Ads

Sayur Urap Bakar Jantung Pisang

Kamis, 11 Desember 2014


Pengolahan sayur yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga biasanya dengan membeli sayur dari pasar, lalu mengolahnya menjadi sayur pecel atau tumis. Namun bagaimana jika jantung pisang yang dapat dengan udah diperoleh dari pekarangan diolah menjadi urap. Pasti penasaran kan dengan rasanya.

Cara Membuat Urap Sayur Jantung Pisang
Urap sayur yang dibuat dari jantung pisang sebenarnya cukup mudah. Banyak sekali resep urap yang bisa Anda temukan di internet. Namun yang berbeda, kelapa yang menjadi urapnya dibakar terlebih dahulu. Hemm… jadi seperti apa ya aromanya ?

Cara membuat Urap Sayur Jantung Pisang, pertama ambil bagian jantung pisang yang masih muda. Sedangkan kulit luarnya yang agak tua dibuang saja. Iris-iris kecil seperti mengiris kol yang hendak dibuat acar. Dan mengirisnya tersebut sebaiknya langsung ke dalam air yang sudah diberi air kapur. Agar getahnya segera terpisah. Jika sudah diiris, mencucinya agak diobok. Agar getahnya betul-betul pergi. Jantung pisang yang sudah bersih selanjutnya direbus selama 10 menit.  

Untuk bumbunya, siapkan satu buah kelapa tua yang sudah dikupas kulit arinya untuk 1 buah jantung pisang ukuran sedang.  Bumbunya ialah 4 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar disangrai harum, 3 cm kencur, 2 lembar daun jeruk 1,5 sendok teh garam dan ½ sendok teh penyedap jika biasa memakai penyedap. Semua bumbu (kecuali daun jeruk, garam dan penyedap) disangrai terlebih dahulu baru diulek.

Sebelum diparut, kelapanya dibakar terlebih dahulu. Jika sudah beraroma harum diangkat, lalu diparut pada bumbu yang sudah diulek lalu dicampur. Selesai deh bumbu dan kelapanya. Selanjutnya, masukkan rebusan jantung pisang lalu campur dengan parutan kelapa yang sudah tercampur dengan bumbu tadi. Urap sayur jantung pisang siap dinikmati.



Kobtirbutor : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Ahmad/EMC