Tradisi Asajere Ke Orang Yang Baru Pulang Haji

Advertisement

Ads

Tradisi Asajere Ke Orang Yang Baru Pulang Haji

Unzilatur Rahmah
Kamis, 22 Januari 2015



Salah satu tradisi yang cukup bertahan hingga saat ini adalah tradisi asajere. Orang yang baru datang haji biasanya akan dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan para kerabatnya. Saat bertemu orang yang baru datag haji tersebut, mereka akan berpelukan. Jika masih mahrom, laki-laki dan perempuan pun saling berpelukan. Namun jika bukan lagi mahrom, hanya antara laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan.

Tradisi asajereh merupakan tradisi yang cukup baik untuk dilestarikan. Menjadi sarana menyambung tali silaturrahim. Orang yang pulang haji juga bisa mendo’akan orang yang asajere agar keinginannya tercapai. Do’a yang utama biasanya, agar orang yang asajere bisa naik haji juga.

Namun sayangnya, perayaan menyambut kedatangan haji terkesan berlebih-lebihan. Diarak dengan iring-iringan sepeda motor, mengundang sound system yang bisa hidup terus selama hingga 3 hari, dan juga menyambut dengan membakar petasan. Padahal orang yang datang haji merupakan orang yang pulang dari melaksanakan ibadah. Kenapa harus dikotori dengan tindakan berlebih-lebihan ?



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Ahmad/EMC