Tempat Wisata Favorit di Pamekasan

Advertisement

Ads

Tempat Wisata Favorit di Pamekasan

Unzilatur Rahmah
Rabu, 10 Desember 2014

Meski Pemkab. Pamekasan terkesan kurang berminat untuk mengembangkan industri pariwisata di Pamekasan, para wisatawan masih bisa menikmati keunikan wisata kota Gerbang salam ini. Beberapa objek wisata di Pamekasan masih bisa bertahan. Dan masih banyak juga wisatawan baik masyarakat Pamekasan maupun luar yang ingin mengunjungi tempat-tempat berikut:

Keunikan wisata alam api abadi ini memang tidak ada habisnya. Selain bisa dengan leluasa bakar-bakar di api alam dengan aman, banyak juga masyarakat yang berjualan di sekitar api alam. Bagi yang ingin ke kamar mandi, atau mushallah, ada di sebelah utara api alam. Pengunjung hanya tinggal masuk gang, atau bertanya ke para penjual sekitar jika bingung. Untuk lengkapnya silahkan baca Api Alam Abadi, Pesona Pamekasan yang Eksotis

Meski bukan merupakan pantai pasir, Talang Siring banyak dikunjungi wisatawan karena area bermainnya yang luas. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merenung atau menangis. Karena tempatnya cukup sepi di pagi hari. Dan baru akan ramai pada sore hari.

Kenapa kami katakan sangat cocok untuk merenung dan menangis ? Karena penulis pernah merenung dan menangis di pantai Talang Siring. Cukup aman kok. Karena keadaannya yang sepi pada pagi hari, tidak akan ada orang yang melihat.

Di Madura, wisata religi merupakan objek wisata yang tidak pernah sepi. Siang atau pun malam. Termasuk juga wisata religi Batu Ampar. Di sana merupakan pasarean para ulama Batu Ampar terdahulu. Ulama yang dimakamkan di kompleks pemakaman Batu Ampar antara lain Syekh Abd Mannan, Syekh Basyaniyah, Syekh Husen, Syekh Moh. Romli, Syekh Damanhuri beserta putra-putrinya.

Terletak di Kec. Proppo Kab. Pamekasan, wisata religi Batu Ampar ini terus menyedot pengunjung dari berbagai daerah luar Madura.

Merupakan tempat ibadah yang dijadikan objek wisata. Uniknya, Vihara Avalokitesvara ini bisa bertahan dan eksis di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas Muslim. Apalagi Madura merupakan masyarakat Muslim yang terkenal fanatik. Untuk selengkapnya, eatorèh maos tolesan ‘Vihara Avalokitesvara, Tempat Ibadah Sekaligus Objek Wisata’

Dermaga Ambat, Tlanakan
Objek wisata yang cukup ramai di sore hari ini sangat cocok bagi Anda yang hobi memancing. Memancingnya gratis, hanya bayar tiket masuk. Di dermaga Ambat, Tlanakan ini, merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunrise dan sunset.

Dermaga Ambat melewati pasar Ambat yang cukup ramai di pagi hari. Jadi Anda sebaiknya berhati-hati agar tidak terbentur dengan orang lain jika mengunjungi Dermaga Ambat di pagi hari. Di siang hingga sore hari, di Pasar Ambat ini biasanya ada penjual otak-otak ikan tanpa pengawet. Rasanya cukup lezat dengan paduan sambal petis yang pedas. Cocok untuk kudapan dan lauk pauk.

Terletak di desa Tanjung, Kec. Pademawu. Merupakan tempat wisata pantai dengan pasir putih. Sungguh alam yang menyajikan keindahan yang cukup menyejukkan mata. Untuk tiba di pantai Jhumiang, Anda harus menggunakan kendaraan sendiri. Karena tidak ada angkutan kota yang masuk ke sana.

Di sana juga terdapat leluhur orang Madura yang dimakamkan di dekat pantai. Karena adanya makan tersebut, muncul pula mitos yang berkembang di masyarakat. Pasangan yang berkunjung bersama ke pantai tersebut besar kemungkinan, hubungannya akan segera berakhir setelah pulang dari pantai tersebut.

Namun dalam cerita masyarakat Madura, pantai Jhumiang merupakan tempat bertemunya Jokotole dengan pamannya, Adirasa. Sehingga dari pertemuan tersebut, Jokotole menemukan keluarganya yang sebenarnya. Tentang Jokotole, silakan lihat di 'Jokotole, Anak Hasil Semedi yang Menjadi Raja Sumenep'

Pantai Batu Kerbuy
Pantai Batu Kerbuy terletak di Kec. Pasean Kab. Pamekasan, Pantai batu kerbuy ini memiliki hamparan batu karang yang cukup luas.

Wisata Batik dan Agrowisata Desa Klampar
Bagi Anda yang ingin belanja batik khas Pamekasan, Anda bisa berkunjung ke desa Klampar, Kec. Proppo, Pamekasan. Masyarakat di desa Klampar juga terkenal dengan komoditi sayurnya. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin belanja sayur ke ladangnya langsung.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Ahmad/eMadura.com