Tempat Wisata Favorit di Madura

Advertisement

Ads

Tempat Wisata Favorit di Madura

Aminullah
Senin, 15 Desember 2014

gambar tempat wisata madura

Inilah daftar tempat wisata favorit di Pulau Madura :

1. Tempat Wisata di Bangkalan

Terletak di Kel. Demangan, Kec. Kota Bangkalan. Untuk bisa tiba di Pasarean Syaichona Cholil, peziarah harus melewati daerah Pasalakan. Tentang Pasarean Syaichona Cholil, silakan baca 'Berwisata Religi ke Astah Syaichona Cholil Bangkalan'

Makam Air Mata Ibu
Terletak di Desa Baduran, Kec. Arosbaya, Bangkalan. 11 km dari pusat Kota Bangkalan. Air Mata Ibu yang bernama asli Sarifah Ambani ini merupakan sosok istri keturunan Sunan Giri yang sangat mencintai suaminya, Raja Cakraningrat. Karena ditinggal bertugas ke Mataram, ia menjadi sedih. Kemudian Air Mata Ibu melakukan pertapaan di Baduran. Dalam pertapaannya itu, ia terus menangis hingga tempat ia bertapa banjir sampai ajalnya menjemput.

Bukit Jaddih
Bukit Jaddih merupakan bagian area wisata Pemandian "Aeng Guweh Pote Bangkalan yang terletak di Desa Jaddih Kec. Socah Bangkalan

Pantai Siring Kemuning
Terletak di Kec. Tanjung Bumi Bangkalan. Merupakan pantai yang terletak di ujung utara Bangkalan, ± 41 km dari kota Bangkalan. Untuk tiba di Pantai Siring Kemuning, wisatawan harus membawa kendaraan sendiri. Karena belum ada akses kendaraan umum.

Bukit Geger
Merupakan objek wisata alam sekaligus sejarah. Karena merupakan bukit yang terdiri dari banyak ceruk gua, dan menjadi tempat pertapaan para pendahulu masyarakat Madura. Terletak di Desa Geger, Kec. Geger, Bangkalan. ± 30 km kea rah Tenggara Kota Bangkalan.

Sumber Mata Air Kolla Langgundih
Merupakan Kolla (kolam mini) alami. Tidak asin meski di dekat laut. Dan tidak pernah kering meski di musim kemarau. Diyakini merupakan Kolla peninggalan Kyai Asror, kakek dari Syaichona Cholil, Bangkalan. Untuk tiba di sini, wisatawan hanya menuju ke barat dari Pasarean Saichona Cholil sejauh 3 km.

Taman Rekreasi Kota
Terletak di pusat kota Bangkalan. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin liburan keluarga. Karena selain ada taman bermain, juga terdapat danau yang bisa dikelilingi menggunakan perahu motor.

Pantai Rongkang
Terletak di Desa Kwanyar, Kec. Kwanyar Bangkalan. ± di selatan kota Bangkalan. Merupakan pantai yang masih belum terlalu ramai. Kelebihannya, pantai ini selain menawarkan daya tarik tersendiri, juga bisa diakses dengan angkutan umum.

Pantai Sembilangan
Terletak di Desa Ujung Piring, Kec. Socah Bangkalan. Daya tarik pantai ini karena terdapat mercusuar peninggalan Belanda.

Wisata Batik Tanjung Bumi
Bagi wisatawan yang ingin menikmati karya tangan ibu-ibu Bangkalan Madura, bisa berkunjung ke bagian utara Bangkalan, Tanjung Bumi. Jaraknya ± 45 km dari pusat kota Bangkalan.

2. Tempat Wisata di Sampang

Pantai Camplong
Terletak di akses jalan provinsi. Tepatnya di Kec. Camplong, Kab. Sampang. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Karena merupakan jenis pantai pasir.

Hutan Nepa yang Dihuni Kera
Objek wisata yang terletak di Kec. Ketapang, Sampang. Tepatnya di pantai utara.

Waduk Nipah
Selain waduk, pemandangan  yang cukup indah yaitu perbukitan di sekeliling waduk nipah

Makam Ratu Ibu
Terletak di Madegan, Polagan, Sampang. Ratu Ibu sendiri merupakan menantu dari Panembahan Lemah Duwur, istri dari Pangeran Tengah. Panembahan Lemah Duwur merupakan tokoh kepemimpinan Islam di Kab. Sampang.

Waduk Klampis
Terletak di Kec. Kadungdung, Sampang. Waduk Klampis merupakan penampungan air irigasi untuk beberapa kecamatan di Kab. Sampang. Cocok bagi Anda yang hobi memancing di air tawar. Juga tersedia perahu motor bagi Anda yang ingin mengelilingi waduk.

Gua buatan ini sekarang menjadi salah satu objek wisata yang cukup ramai. Terletak di pinggir kota Sampang. Selengkapnya tentang Gua Lebar, silakan dibaca di artikel ‘Menikmati Keindahan Gua Lebar Sampang’

Air terjun yang terletak di Toroan, Kec. Ketapang, Sampang ini menawarkan dawa tarik tersendiri. Karena merupakan jenis air terjun yang langsung jatuh ke laut. Untuk detailnya, silakan lihat di ‘Air Terjun Toroan, Pertemuan Air Tawar danAir Asin’

3. Tempat Wisata di Pamekasan

Keunikan wisata alam api abadi ini memang tidak ada habisnya. Selain bisa dengan leluasa bakar-bakar di api alam dengan aman, banyak juga masyarakat yang berjualan di sekitar api alam. Bagi yang ingin ke kamar mandi, atau mushallah, ada di sebelah utara api alam. Pengunjung hanya tinggal masuk gang, atau bertanya ke para penjual sekitar jika bingung. Untuk lengkapnya silahkan baca Api Alam Abadi, Pesona Pamekasan yang Eksotis

Pantai Talang Siring
Meski bukan merupakan pantai pasir, Talang Siring banyak dikunjungi wisatawan karena area bermainnya yang luas. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merenung atau menangis. Karena tempatnya cukup sepi di pagi hari. Dan baru akan ramai pada sore hari.
Kenapa kami katakan sangat cocok untuk merenung dan menangis ? Karena penulis pernah merenung dan menangis di pantai Talang Siring. Cukup aman kok. Karena keadaannya yang sepi pada pagi hari, tidak akan ada orang yang melihat.

Wisata Religi Batu Ampar
Di Madura, wisata religi merupakan objek wisata yang tidak pernah sepi. Siang atau pun malam. Termasuk juga wisata religi Batu Ampar. Di sana merupakan pasarean para ulama Batu Ampar terdahulu. Ulama yang dimakamkan di kompleks pemakaman Batu Ampar antara lain Syekh Abd Mannan, Syekh Basyaniyah, Syekh Husen, Syekh Moh. Romli, Syekh Damanhuri beserta putra-putrinya.

Terletak di Kec. Proppo Kab. Pamekasan, wisata religi Batu Ampar ini terus menyedot pengunjung dari berbagai daerah luar Madura.
Merupakan tempat ibadah yang dijadikan objek wisata. Uniknya, Vihara Avalokitesvara ini bisa bertahan dan eksis di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas Muslim. Apalagi Madura merupakan masyarakat Muslim yang terkenal fanatik. Untuk selengkapnya, eatorèh maos tolesan ‘Vihara Avalokitesvara, Tempat Ibadah Sekaligus Objek Wisata’ 

Dermaga Ambat, Tlanakan
Objek wisata yang cukup ramai di sore hari ini sangat cocok bagi Anda yang hobi memancing. Memancingnya gratis, hanya bayar tiket masuk. Di dermaga Ambat, Tlanakan ini, merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunrise dan sunset.

Dermaga Ambat melewati pasar Ambat yang cukup ramai di pagi hari. Jadi Anda sebaiknya berhati-hati agar tidak terbentur dengan orang lain jika mengunjungi Dermaga Ambat di pagi hari. Di siang hingga sore hari, di Pasar Ambat ini biasanya ada penjual otak-otak ikan tanpa pengawet. Rasanya cukup lezat dengan paduan sambal petis yang pedas. Cocok untuk kudapan dan lauk pauk.

Pantai Jhumiang
Terletak di desa Tanjung, Kec. Pademawu. Merupakan tempat wisata pantai dengan pasir putih. Sungguh alam yang menyajikan keindahan yang cukup menyejukkan mata. Untuk tiba di pantai Jhumiang, Anda harus menggunakan kendaraan sendiri. Karena tidak ada angkutan kota yang masuk ke sana.

Di sana juga terdapat leluhur orang Madura yang dimakamkan di dekat pantai. Karena adanya makan tersebut, muncul pula mitos yang berkembang di masyarakat. Pasangan yang berkunjung bersama ke pantai tersebut besar kemungkinan, hubungannya akan segera berakhir setelah pulang dari pantai tersebut.

Namun dalam cerita masyarakat Madura, pantai Jhumiang merupakan tempat bertemunya Jokotole dengan pamannya, Adirasa. Sehingga dari pertemuan tersebut, Jokotole menemukan keluarganya yang sebenarnya. Tentang Jokotole, silakan lihat di 'Jokotole, Anak Hasil Semedi yang Menjadi Raja Sumenep'

Wisata Batik dan Agrowisata Desa Klampar
Bagi Anda yang ingin belanja batik khas Pamekasan, Anda bisa berkunjung ke desa Klampar, Kec. Proppo, Pamekasan. Masyarakat di desa Klampar juga terkenal dengan komoditi sayurnya. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin belanja sayur ke ladangnya langsung.

4. Tempat Wisata di Sumenep

Gili Labak
Tempat wisata yang terletak di Sumenep, Gili labak merupakan wisata bawah laut yang paling diminati di Madura

Bukit Tinggi Daramista
Terletak di Desa Daramista, Sumenep Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep ini merupakan bukit. Untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Hendaknya pengunjung datang di sore hari. Dan di malam haripun, bukit daramista sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata malam di Madura.

Pantai Slopeng
Merupakan pantai berpasir putih. Selain itu, banyak masyarakat yang menyewakan Kuda bagi Anda yang ingin naik Kuda. Terletak di Kec. Dasok, Sumenep. 21 km dari pusat kota Sumenep.
Pantai Lombang merupakan pantai yang cukup ramai hampir setiap hari. Ada saja wisatawan yang berkunjung setiap harinya. Untuk lengkapnya tentang Pantai Lombang, silakan baca di ‘Pantai Lombang, antai Cemara Udang di Madura’

Wisata Kepulauan
Sumenep merupakan kabupaten yang memiliki banyak pulau. Bagi Anda yang suka menikmati perjalanan ke pulau-pulau kecil, banyak sekali kepulauan di Sumenep yang bisa dijadikan objek wisata. Salah satu yang paling terkenal adalah wisata kesehatan dan alam Pulau Gili Iyang. Di mana, pulau tersebut merupakan pulau dengan oksigen tertinggi.

Wisata Religi Astah Sayyid Yusuf
Salah satu wisata religi di Sumenep adalah Astahh Sayyid yusuf. Terletak di pulau Talangoh, Kec. Talangoh Kab. Sumenep. Wisata religi ini selalu ramai oleh para peziarah. Untuk tiba di sana, pengunjung hanya perlu menaiki perahu motor atau kapal tongkang dengan ongkos Rp. 2000/ orang (tidak termasuk kendaraan).
Selain sebagai objek wisata religi, Astah Tinggi juga merupakan objek wisata sejarah. Karena Astah Tinggi merupakan lokasi pemakaman para raja Sumenep. Untuk detailnya, silakan lihat di Asta Tinggi, Pasarean Raja-Raja Sumenep’

Wisata Air Waterpark Sumekar
Jika Anda menyukai wisata air, Anda bisa berkunjung ke Waterpark Sumekar. Selain bisa dijadikan tempat untuk berenang, banyak sekali permainan air yang bisa Anda mainkan di sana. Waterpark Sumekar terletak di Desa Kasengan, Kec. Manding Sumenep, ± 500 m ke barat dari Astah Tinggi.

Wisata Sejarah Museum dan Ex-Keraton Sumenep
Bagi Anda yang ingin mengetahui bukti sejarah Kab. Sumenep, Anda bisa berkunjung ke Museum dan Keraton Sumenep. Terletak di sebelah timur Taman Bunga Sumenep.

Wisata Pulau Mambhurit
Bagi Anda yang hobi menyelam dan ingin menikmati alam bawah laut Sumenep, Madura, Anda bisa memilih wisata Pulau Mambhurit.
Merupakan lokasi wisata kuliner yang sangat pas untuk Anda yang suka jajan. Selain itu, di sore hari banyak sekali permainan seru yang bisa Anda lakukan. Termasuk mencoba menaiki Odong-odong Khas Sumenep. Untuk detailnya tentang Taman Bunga, silakan cek di artikel ‘Taman Adipura Kota Sumenep, Tempat Asyik Untuk Santai’




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Google Maps