Tempat Wisata Favorit di Bangkalan

Advertisement

Ads

Tempat Wisata Favorit di Bangkalan

Unzilatur Rahmah
Senin, 15 Desember 2014

Pulau Madura yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur ini tidak hanya dikenal akan penghasil garam terbesar di Indonesia. Namun, Wisata Religi dan keindahan alamnya pun banyak diminati oleh masyarakat luar Pulau Madura.

Inilah beberapa tempat wisata favorit di bangkalan Madura.

Terletak di Kel. Demangan, Kec. Kota Bangkalan. Untuk bisa tiba di Pasarean Syaichona Cholil, peziarah harus melewati daerah Pasalakan. Tentang Pasarean Syaichona Cholil, silakan baca 'Berwisata Religi ke Astah Syaichona Cholil Bangkalan'

Makam Air Mata Ibu
Terletak di Desa Baduran, Kec. Arosbaya, Bangkalan. 11 km dari pusat Kota Bangkalan. Air Mata Ibu yang bernama asli Sarifah Ambani ini merupakan sosok istri keturunan Sunan Giri yang sangat mencintai suaminya, Raja Cakraningrat. Karena ditinggal bertugas ke Mataram, ia menjadi sedih. Kemudian Air Mata Ibu melakukan pertapaan di Baduran. Dalam pertapaannya itu, ia terus menangis hingga tempat ia bertapa banjir sampai ajalnya menjemput.

Pantai Siring Kemuning
Terletak di Kec. Tanjung Bumi Bangkalan. Merupakan pantai yang terletak di ujung utara Bangkalan, ± 41 km dari kota Bangkalan. Untuk tiba di Pantai Siring Kemuning, wisatawan harus membawa kendaraan sendiri. Karena belum ada akses kendaraan umum.

Bukit Geger
Merupakan objek wisata alam sekaligus sejarah. Karena merupakan bukit yang terdiri dari banyak ceruk gua, dan menjadi tempat pertapaan para pendahulu masyarakat Madura. Terletak di Desa Geger, Kec. Geger, Bangkalan. ± 30 km kea rah Tenggara Kota Bangkalan.

Sumber Mata Air Kolla Langgundih
Merupakan Kolla (kolam mini) alami. Tidak asin meski di dekat laut. Dan tidak pernah kering meski di musim kemarau. Diyakini merupakan Kolla peninggalan Kyai Asror, kakek dari Syaichona Cholil, Bangkalan. Untuk tiba di sini, wisatawan hanya menuju ke barat dari Pasarean Saichona Cholil sejauh 3 km.

Taman Rekreasi Kota
Terletak di pusat kota Bangkalan. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin liburan keluarga. Karena selain ada taman bermain, juga terdapat danau yang bisa dikelilingi menggunakan perahu motor.

Pantai Rongkang
Terletak di Desa Kwanyar, Kec. Kwanyar Bangkalan. ± di selatan kota Bangkalan. Merupakan pantai yang masih belum terlalu ramai. Kelebihannya, pantai ini selain menawarkan daya tarik tersendiri, juga bisa diakses dengan angkutan umum.

Pantai Sembilangan
Terletak di Desa Ujung Piring, Kec. Socah Bangkalan. Daya tarik pantai ini karena terdapat mercusuar peninggalan Belanda.

Wisata Batik Tanjung Bumi
Bagi wisatawan yang ingin menikmati karya tangan ibu-ibu Bangkalan Madura, bisa berkunjung ke bagian utara Bangkalan, Tanjung Bumi. Jaraknya ± 45 km dari pusat kota Bangkalan.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/EMC