Renyahnya Rengginang Lorjuk Khas Madura

Advertisement

Ads

Renyahnya Rengginang Lorjuk Khas Madura

Unzilatur Rahmah
Senin, 15 Desember 2014


Rengginang merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang cukup terkenal. Hampir di berbagai daerah di seluruh Indonesia menawarkan cirinya masing-masing. Di Madura, Rengginang merupakan jajanan yang biasa disajikan di hari raya, atau sekadar cemilan di hari-hari biasa.

Jenis Rengginang yang cukup terkenal di Madura adalah Rengginang Lorjhuk. Lorjuk merupakan sejenis satwa laut yang berbentuk panjang kecil-kecil. Habitat Lorjhuk bisanya di pasir laut. Satu daerah pasir laut ditengarai ada Lorjhuknya jika terdapat lubang-lubang kecil. Karena Lorjhuk seperti kerang, suka membuat lubang di pasir sebagai tempat bersembunyi. Jika kering, ukurannya hampir sama dengan ukuran 2 biji beras yang disusun memanjang.

Renggiang Lorjhuk bisa diperoleh di berbagai pusat oleh-oleh dan cemilan khas Madura. Meski demikian, bagi Anda yang ingin membuat Rengginang Lorjhuk sendiri juga bisa. Tentu ini berlaku bagi Anda yang suka repot. Kelebihan membuat Rengginang Lorjhuk sendiri, ukurannya bisa disesuaikan dengan selera. Jika Anda ingin membuat Rengginang yang ukuran besar, maka ukurannya bisa dibuat lebih besar dibandingkan yang beredar di pasaran.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Ahmad/EMC