Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Panyepen Palengaan

Advertisement

Ads

Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Panyepen Palengaan

Unzilatur Rahmah
Minggu, 21 Desember 2014

Merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup terkenal di Pamekasan. Terletak di Desa Potoan, Kec. Palengaan. Pondok pesantren Miftahul Ulum Panyepen didirikan oleh KH. Nasruddin bin Itsbat pada tahun 1827. Ayah dari KH. Sirojuddin, pendiri PP. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.

KH. Nasruddin merupakan sosok yang tak kenal lelah dalam menyebarkan ajaran Islam di tanah Madura. Selain mendirikan PP. Miftahul Ulum, beliau juga menggiatkan para alumni serta putra-putranya untuk mendirikan pondok pesantren lain. Seperti PP. Miftahul Ulum Bettet, Pondok Pesantren di Banyu Ayu, Sumber Arasy, PP. Miftahul Ulum Kebun Baru dan PP. Miftahul Ulum Karang Durin.

Lembaga pendidikan di PP. Miftahul Ulum Panyepen cukup beragam. Mulai dari yang informal seperti kajian Al-Qur’an dan kitab klasik, non-formal seperti Madrasah Diniyah, dan pendidikan formal hingga perguruan tinggi.


Perguruan tinggi yang berada di PP. Miftahul Ulum Panyepen ialah Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM). Berdiri sejak 1 Oktober 2002 yang lalu. Jurusan pertamanya ialah Jurusan Dakwah dengan Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam.




Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/eMadura.com