Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Pamekasan, Pesantren Muda yang Maju dengan Cepat

Advertisement

Ads

Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Pamekasan, Pesantren Muda yang Maju dengan Cepat

Sabtu, 27 Desember 2014


Pondok Pesantren Al-Mujtama’ terletak di Desa Plakpak Kec. Pegantenan, Pamekasan. PP. Al-Mujtama’ Pamekasan tergolong sebagai pesantren muda jika dibandingkan dengan pesantren terkenal lainnya. Baru berdiri pada tahun 1988. Pesantren ini pada awal berdirinya murni karena inisiatif masyarakat. Masyarakat Plakpak meminta kepada H. Abd. Ghafur untuk memfasilitasi berdirinya lembaga keagamaan dan pendidikan di sana.

Lembaga pendidikan yang berdiri pertama kali di PP. Al-Mujtama’ adalah pesantren untuk putri dan RA/ TK. PP. Al-Mujtama’. Karena pada awal berdiri, PP. Al-Mujtama’ memang diperuntukkan kepada kalangan putri.

Lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Al-Mujtama’ saat ini mulai dari RA/ TK hingga perguruan tinggi. Lembaga-lembaga pendidikan tersebut antara lain TK Al-Mujtama’, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Diniyah, Madrasah Aliyah, SDI, SMPI, SMK serta Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Al-Mujtama’.

Karena sokongan penuh dari masyarakat sejak awal berdirinya, menjadi penyebab kemajuan pesat PP. Al-Mujtama’. Bahkan pesantren yang lebih tua usianya sekali pun, mampu disaingin oleh PP. Al-Mujtama’.


Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/EMC