Pasar Tanjhung, Pasar Ikan Hingga Malam Hari

Advertisement

Ads

Pasar Tanjhung, Pasar Ikan Hingga Malam Hari

Unzilatur Rahmah
Jumat, 19 Desember 2014


Kebanyakan pasar di Madura hanya buka atau ramai hingga sore hari. Setelah pukul 16.00, pasar di Madura biasanya akan segera sepi. Para konsumen tidak ada lagi yang berkunjung, para pedagang sudah hampir selesai berkemas untuk pulang.

Namun ini tidak berlaku untuk Pasar Tanjhung, Sampang. Pasar yang biasanya ramai saat pagi di hari pasaran ini, akan tetap terlihat adanya aktivitas hingga malam hari. Selain toko-toko di pinggir jalan yang tetap buka, juga adanya ibu-ibu penjual ikan yang berjualan ikan mentah di sepanjang pinggir jalan Pasar Tanjhung. Pemandangan seperti ini sering terlihat terutama ketika sedang musim tangkapan ikan lumayan banyak.

Ada beberapa ibu-ibu yang menjual hasil tangkapan keluarganya sendiri. Ada pula yang menjual ikan dengan terlebih dahulu membeli ikan milik nelayan lain. Target konsumen pasar ikan di Pasar Tanjhung ini biasanya para pengendara yang melintas di jalan Pasar Tanjhung. Orang Pamekasan dan Sumenep yang berkunjung ke Sampang atau Bangkalan, juga sebaliknya.


Harga ikan di pasar Tanjhung relatif lebih murah dibandingkan harga ikan di pasar yang bukan pesisir. Jenis ikan yang dijual pun beragam. Mulai dari Ikan Teri, Ikan Tongkol, Udang, Cumi-cumi, dan lain semacamnya. Agar mendapatkan harga yang murah, Anda harus pandai-pandai menawar. Apalagi jika Anda terlihat oleh penjual keluar dari mobil mewah. Mereka akan langsung menyebut harga lumayan tinggi. Namun para pedagang cukup terbuka terhadap harga tawar konsumen.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Ahmadl/EMC