Olahan Singkong Manis ala Masyarakat Madura

Advertisement

Ads

Olahan Singkong Manis ala Masyarakat Madura

Unzilatur Rahmah
Minggu, 21 Desember 2014

gambar jemblem madura

Singkong atau ketela pohon merupakan jenis tanaman umbi. Pohon Singkong menyimpan kelebihan makanannya di akar, dan jadi lah Singkong. Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah tropis. Termasuk juga di Madura.

Selain mudah tumbuh di daerah basah, Singkong juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satu olahan Singkong yang cukup enak, selain Keripik Tette, yaitu Jemblem. Jemblem merupakan sejenis kudapan berbentuk bulat dengan rasa manis karena diisi cairan gula merah di dalamnya.

Cara membuat jemblem juga cukup mudah. Anda cukup memarut Singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Parutan tersebut kemudian dikukus. Untuk isinya, Anda dapat mencairkan gula merah dengan air hangat secukupnya. Selanjutnya, parutan singkong yang sudah dikukus diisi gula merah kental, lalu dibentuk bulat. Setelah itu, baru digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Jadilah Jemblem yang siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga.

Bagi Anda yang tidak ingin repot membuat jemblem, Anda bisa menemukan makanan tradisional ini di pasar-pasar Tradisional di seluruh Madura.





Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 -Ahmad/EMC