Mencicipi Olahan Sayur Daun Pepaya

Advertisement

Ads

Mencicipi Olahan Sayur Daun Pepaya

Unzilatur Rahmah
Kamis, 11 Desember 2014

sayur dari daun pepaya

Salah satu daun pekarangan yang bisa diolah menjadi sayur lezat adalah daun pepaya. Mengolah daun pepaya sedikit berbeda dengan sayur lainnya. Karena terlebih dahulu harus menghilangkan rasa pahitnya. Sebaiknya pilih daun pepaya muda agar lebih lembut ketika dimakan.

Untuk mengolah menjadi oseng-oseng, sayur pecel, atau urap, daun pepaya terlebih dahulu direbus bersama daun jambu biji, daun jambu mete, atau daun singkong (pilih salah satu). Jika sudah matang, tiriskan lalu pisahkan dari daun yang lain. Lalu diolah.

Oseng-oseng Sayur Daun Pepaya
Bumbu : 2 siung Bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 buah cabe merah besar.

Tumis cabe merah besar, dua siung bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis, jika sudah layu, masukkan daun pepaya yang sudah direbus. Beri 1/3 sendok teh garam untuk sayur 2 porsi. Bubuhi ¼ sendok teh penyedap (jika biasa memakai penyedap). Bubuhi ½ sendok teh gula pasir.
Oseng-oseng sayur daun pepaya siap disajikan.

Sayur Daun Pepaya Bumbu Urap Bakar
Untuk bumbu, siapkan ½ buah kelapa tua yang sudah dikupas kulit arinya untuk 2 porsi sayur daun pepaya.  
Bumbu: 4 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar, 3 cm kencur, 2 lembar daun jeruk 1,5 sendok teh garam dan ½ sendok teh penyedap jika biasa memakai penyedap. Semua bumbu (kecuali daun jeruk, garam dan penyedap) disangrai terlebih dahulu. Setelah itu diulek.

Bakar kelapa hingga harum. Parut dan campur dengan bumbu yang sudah diulek. Jika sudah merata, masukkan daun pepaya yang sudah direbus. Campur merata. Sayur Daun Pepaya Bumbu urap bakar siap disajikan.

Pecel Sayur Daun Pepaya
Bumbu sayur pecel antara lain: ¼ kg kacang tanah disangrai harum. 5 buah cabe merah. 5 buah cabe rawit. 5 siung bawang putih. 2 lembar dauh jeruk purut. 2 cm kencur. Gula merah ¼ kg. 5 buah Asam Jawa rendam dalam sedikit air hangat. Garam secukupnya.

Racikan bumbu : tumbuk kacang tanah yang sudah disangrai hingga halus. Goreng semua bumbu (kecuali asam jawa). Jika sudah harum, ulek bumbu hingga halus. Masukkan Asam Jawa. Untuk mempermudah ulekan, beri sedikit air rendaman asam. Jika sudah halus dan bercampur semua. Masukkan kacang tanah yang sudah ditumbuk. Bumbu pecel sudah selesai.


Selanjutnya, ambil bumbu pecel secukupnya (jangan semuanya). Cairkan dengan air hangat. Lalu siramkan pada daun pepaya yang sudah ditata di atas piring. Pecel daun pepaya siap disajikan.



Kontributor : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 Ahmad/EMC