Lezatnya Leppet Ketan Madura

Advertisement

Ads

Lezatnya Leppet Ketan Madura

Unzilatur Rahmah
Minggu, 21 Desember 2014

leppet khas madura

Selain Nasi Ketan, olahan Ketan di Madura adalah Leppet. Terbuat dari Ketan dan Beras dengan campuran parutan kelapa. Bisa didapat di pasar-pasar tradisional di Madura. Sedangkan untuk ibu-ibu, memasak Leppet biasanya dilakukan pada H +7 hari raya Idul Fitri atau Lebaran Ketupat.

Bahan-bahan membuat Leppet antara lain Ketan, Beras, Kelapa yang sudah diparut, tali rafia, serta daun kelapa yang masih muda atau Janur.

Cara membuatnya ialah, campur Ketan dengan Beras dengan perbandingan 2:1. Basuh lalu rendam selama 4-6 jam. Tiriskan lalu kukus campuran Beras dan Ketan hingga setengah matang atau rèket. Setelah rèket, campur dengan kelapa yang sudah diparut hingga merata. Beri sedikit garam sebagai perasa lalu aduk hingga rata.

Selanjutnya, siapkan Janur. Caranya, tipiskan lidi Janur di bagian pangkal agar ketika melipat Janur, lidi tidak patah. Cara menipiskan Janur, dengan menggerusnya menggunakan pisau. Jika lidinya sudah tipis, bentangkan kedua sisi Janur. Lipat bagian pangkalnya hingga membentuk wadah sedikit panjang. Isi wadah tersebut dengan Ketan yang sudah dicampur dengan parutan kelapa.

Jika sudah terisi penuh, lipat sisa ujung Janur hingga menutupi seluruh bagian campuran Ketan. Lalu ikat dengan tali rafia, atau janur yang sudah disobek panjang membentuk tali. Dalam mengikat, usahakan agar seluruh bagian ujung Leppet terikat kuat agar tidak lepas ketika direbus. Lakukan hal itu hingga seluruh campuran Ketan membentuk Leppet.

Langkah selanjutnya ialah merebus Leppet selama 1 jam. Jika sudah, angkat dari air rebusan lalu biarkan hingga dingin. Jika sudah dingin, Leppet siap dinikmati. Yang hebat dari Leppet, biasanya mampu bertahan dari basi hingga 2 x 24 jam.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Ahmad/EMC