Daun Beluntas, Jamu Bayi Tradisional Madura

Advertisement

Ads

Daun Beluntas, Jamu Bayi Tradisional Madura

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 24 Januari 2015


Jamu merupakan obat tradisional Indonesia. Bahkan satu buah racikan jamu, dipercaya bisa mengobati beberapa macam penyakit. Karena dalam racikan jamu, mengandung bermacam-macam senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Begitu pula di Madura. Madura juga memiliki racikan jamu khas tersendiri. Dan bahan dasar utama Jamu khas Madura adalah Daun Beluntas. Daun pagar ini sering digunakan sebagai bahan dalam membuat jamu. Baik itu jamu untuk balita, untuk anak-anak hingga dewasa. Orang Madura biasanya menggunakan Daun Beluntas untuk mendinginkan badan dari panas dalam. Termasuk juga menurunkan panas pada balita dengan Daun Beluntas tersebut.

Menurut para ilmuan, Daun Beluntas memiliki khasiat antara lain menghilangkan bau badan, menurunkan panas, mengobati gangguan pencernaan, dan meringankan sakit akibat rematik.

Untuk mendinginkan panas bayi, Daun Beluntas diracik bersama Kunyit dan Daun Asam. Semua bahan ditumbuk hingga mengeluarkan sari pati. Daun Beluntas, Kunyit dan Daun Asam yang sudah ditumbuk kemudian diberi sedikit air kemudian diperas. Air perasan tersebut kemudian dicekokkan pada bayi. Dan dengan izin Allah, panas badan bayi akan segera turun dengan khasiat dari racikan Daun Beluntas, Kunyit dan Daun Asam.

Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Ahmad/EMC