Arya Wiraraja, Adipati Sumenep yang Sempat Menjadi Raja Majapahit Timur

Advertisement

Ads

Arya Wiraraja, Adipati Sumenep yang Sempat Menjadi Raja Majapahit Timur

Senin, 08 Desember 2014

Siapa yang sempat kenalan dengan tokoh Madura yang satu ini ? Pasti gak ada. Arya Wiraraja merupakan salah satu tokoh yang dikenal berperan penting dalam pendirian Kerajaan Majapahit dan upaya penjatuhan Kerajaan Singasari. Perannya tak tanggung-tanggung, yakni sebagai pengatur siasat.

Berkenaan dengan kelahiran Asya Wiraraja, banyak versi yang mengatakan tempat lahirnya. Versi Babad Soengenep mengatakan dia lahir di Karang Nangka, Kec. Rubaru, Sumenep. Versi penulis Lumajang mengatakan ia lahir di Lumajang.Dan versi penulis Bali, ia lahir di Bali. Namun di mana pun dia dilahirkan, yang jelas pada usia yang relatif masih muda, ia sudah menjadi Adipati Sumenep di bawah kerajaan Singasari.

Sebelumnya ia pernah mengabdi kepada kakek Raden Wijaya. Raden Wijaya sendiri merupakan menantu Prabu Kertanegara, raja Singasari saat itu. Saat Raden Wijaya melarikan diri dari Kerajaan Kadiri, yang saat itu dipimpin oleh Prabu Jayakatwang. Intinya, Raden Wijaya meminta perlindungan ke Sumenep. Lalu bekerjasama dengan Arya Wiraraja untuk menggulingkan pemerintahan Jayakatwang. Perjanjiannya, daerah kekuasaan Raden Wijaya nantinya akan dibagi dua dengan Arya Wiraraja.

Setelah Pangeran Wijaya berhasil menguasai seluruh Singasari, Kadiri, dan pulau Jawa bagian timur termasuk Madura, Arya Wiraraja menjabat sebagai tangan kanan Pangeran Wijaya.

Versi lain mengatakan, Raden Wijaya tidak memenuhi perjanjiannya untuk membagi wilayan Majapahit menjadi 2. Di lain sisi, Ranggalawe, salah satu putra Arya Wiraraja melakukan pemberontakan hingga menemui ajal. Karena kematian putranya, Arya Wiraraja sakit hati dan mengundurkan diri dari jabatannya. Ia pun menuntut perjanjian Sumenep ditepati; yakni membagi separuh wilayah Majapahit untuk Arya Wiraraja.

Pangeran Wijaya pun memenuhi permintaan tersebut. Majapahit bagian timur termasuk Madura menjadi milik Arya Wiraraja. Pusat pemerintahannya terletak di Lumajang. Nama lain kerajaan Majapahit Timur adalah Lamajang Tigang Juru dengan Arya Wiraraja sebagai raja pertama. Pada tahun 1316 M, Arya Wiraraja meninggal dan diganti Nambi.


Pada masa pemerintahan Nambi, entah putra atau cucu Arya Wiraraja, Majapahit timur melakukan pemberontakan. Kekalahan Nambi membuat Majapahit bagian timur bersatu kembali.