Apen Manis, Si Legit dari Sumenep

Advertisement

Ads

Apen Manis, Si Legit dari Sumenep

Unzilatur Rahmah
Minggu, 28 Desember 2014


Madura merupakan pulau yang kaya. Termasuk juga kaya akan makanan khas daerahnya. Satu lagi kudapan khas Madura, Sumenep yang kami bagikan kepada Anda. Dia adalah Apen/Apem Manis. Merupakan makanan khas yang dapat Anda jadikan inspirasi membuat kudapan sore hari untuk keluarga.
Apem manis aslinya tidak berasa manis. Namun karena dicelup dalam gula merah yang sudah dicairkan, rasanya pun manis bingitz.

Cara membuat Apen manis cukup mudah kok. Bahan-bahan: Tepung beras, santan, ragi, parutan kelapa, dan sedikit garam. Untuk 1 kg tepung beras, santan kental ± ¼ liter, parutan ½ buah kelapa, 3 biji ragi, dan 1 sendok teh garam. Setelah adonan tercampur merata, selanjutnya dipanggang di atas alat pemanggang kue bercetak bulat. Ingat, agar matangnya merata, apinya harus kecil.

Untuk saus gula merahnya, bahan-bahannya antara lain gula merah, jahe, pandan, santan, dan kayu manis. Gula merahnya dicairkan dengan direbus dengan santan dan diberi aroma campuran jahe, kayu manis, dan pandan.

Cara penyajiannya, Apen ditata di atas piring, lalu disiram dengan saus gula merah. Jika ingin disajikan cantik, beri hiasan Daun Pandan dan Buah Cerry.

Bagi Anda yang tidak ingin repot, dapat langsung membeli Apen Manis di daerah kota Sumenep. Biasanya penjual Apen Manis berjualan dari pagi hingga siang. Sayangnya penjual Apen Manis semakin sedikit. Padahal, makanan yang satu ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi jika diolah dengan variasi rasa berbeda. Misalnya Apen Manis rasa cokelat,  Apen Manis rasa keju, atau Apen Manis rasa buah.



Author : Unzilatur Rahmah | Foto : © 2014 - Saiful/EMC