Air Terjun Toroan, Pertemuan Air Tawar dengan Air Asin

Advertisement

Ads

Air Terjun Toroan, Pertemuan Air Tawar dengan Air Asin

Senin, 01 Desember 2014


eMadura.com - Jika air terjun biasanya terletak di dataran tinggi atau bahkan pegunungan, maka Air Terjun Toroan terletak di dataran rendah. Bahkan airnya langsung jatuh ke laut. Ini menjadi salah satu keunikan tersendiri yang dimiliki Air Terjun Toroan. Di sana, air asin dan air tawar bertemu dan mengalir ke laut.

Akibat pertemuan dua jenis air tersebut menghasilkan dua jenis batu yang berbeda pula. Bagian yang lebih dekat ke laut merupakan jenis batu karang. Sedangkan batu di sekitar air terjun merupakan jenis batu sungai air tawar. Banyak batu besar dan licin akibat terkikis karena terpaan air terjun. Sehingga jika mendekat ke air terjun, harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

Mendekat ke air terjun juga memberikan sensasi berbeda. Air terjun yang ditiup angin kencang khas pesisir membuat wajah terasa segar. Mendekat ke air terjun ibarat melakukan spa alam. Jika bisa berenang akan lebih asyik jika terjun ke cekungan di bawah air terjun. Bisa juga sambil berenang ke laut. Hanya saja, jenis pantainya bukan pantai pasir. Tapi pantai karang. Sehingga harus ekstra berhati-hati jika berkunjung ke sana.

Air terjun Toroan merupakan air terjun alami. Pemerintah Kabupaten Sampang belum mengelola tempat ini menjadi objek wisata alam. Menurut penduduk setempat, setiap harinya pasti ada saja pengunjung lokal yang ingin mengobati penasaran pada air terjun yang langsung jatuh ke laut ini.

Rute untuk sampai pada Air Terjun Toroan, dari Kabupaten Sampang menuju ke arah utara di daerah Bherisen menuju Kec. Ketapang, Sampang. Ujung utara Kab. Sampang. Setelah tiba di Pertigaan Kec. Sampang, menuju ke arah timur beberapa ratus meter. Lalu ada jembatan dan di sebelah timur jembatan, ada jalan yang turun ke laut. Berjalan dan menoleh lah ke arah barat, air terjun Toroan akan terlihat sedikit demi sedikit. Karena terhalang rimbunan pohon bakau jika dilihat dari arah timur. Kelebihan rute Air Terjun Toroan, bisa diakses dengan angkutan kota.

Jika mengendarai angkutan kota, di Kab. Sampang minta lah berhenti di Bherisen. Dari Bherisen menumpang angkutan menuju Kec. Ketapang. Setelah tiba di pertigaan ujung utara Ketapang, ikut angkot menuju timur atau kanan. Katakan pada sopir angkot kalau ingin ke Air Terjun Toroan. Sopir angkot sudah pasti mengerti. Karena mereka rata-rata merupakan masyarakat setempat.



Author : Unzilatur R
Foto : (c) Saiful/EMC