Wisata Religi Sunan Ampel Selalu Ramai Peziarah

Advertisement

Ads

Wisata Religi Sunan Ampel Selalu Ramai Peziarah

Aminullah
Kamis, 13 November 2014

eMadura.com - Wisata religi adalah sebuah wisata islami yang merupakan tradisi umat muslim khususnya di Indonesia, salah satu tempat wisata religi favorit yaitu Makam Raden Ahmad Rahmatullah atau Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. 

Makam Sunan Ampel terbilang favorit karena selama 24 jam di kawasan makam tidak pernah sepi oleh peziarah. Pagi hari hingga malam hari dan sampai pagi lagi, peziarah selalu ada dan tak pernah sepi. Saking ramainya, kawasan Sunan Ampel begitu padat merayap dipenuhi peziarah yang memang menjadi jadwal mingguan,bulanan atau tahunan kelompok masing-masing daerah. Khusus di hari weekend sabtu-minggu, kepadatan peziarah kawasan Sunan Ampel semakin penuh dan sesak, antripun terjadi ketika akan menuju area makam sunan.

Wisata religi Sunan Ampel rata-rata didatangi oleh peziarah "berjamaah" dari berbagai daerah Jawa Timur khususnya, seperti peziarah dari Kota Probolinggo, Situbondo, Madura, Jember, Banyuwangi dan beberapa daerah lainnya, yang mana bertujuan untuk menyambangi kuburan sang "Waliyullah" Sunan Ampel dengan mengaji dan bertahlil bersama.

Selain ziarah ke kuburan Sang Sunan, peziarah juga tidak lupa untuk menyambangi kuburan Mbah Bolong dan "Mbah Sholeh". Nah, Mbak Sholeh adalah murid/santri Sunan Ampel dan dikenal sebagai tukang sapu/tukang bersih-bersih Masjid Ampel  yang sangat legendaris. Dimasanya, lantai Masjid Ampel tidak pernah kotor, berkat kerajinan dan keikhlasan beliau menjadikan Masjid Ampel senantiasa bersih. Bahkan anehnya lagi, Mbah Sholeh meninggal  hingga 9 kali, sebagai buktinya kuburan beliau ada sembilan tepat disamping utara Masjid Ampel.

Perlu kita ketahui juga, ziarah merupakan tradisi hasanah umat muslim Nahdatul Ulama. Dan semua kembali pada niat, "Innamal a'malu binniyah" jangan sampai salah niat, agar niat baik itu sendiri tidak menjadi "kesyirikan". Amiin






Author : Ahmad
Foto : (c) Ahmad/EMC