Wisata Kuliner di Pantai Depok

Advertisement

Ads

Wisata Kuliner di Pantai Depok

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014



Ketika saya dan rombongan berniat untuk memanjakan lidah dengan aneka ikan laut dengan harga murah, banyak dan enak, maka pilihan kami jatuhkan untuk Pantai Depok. Beraneka ragam jajanan laut bisa saya temukan di pasar ikan, yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Depok memang lebih terkenal dengan kulinernya daripada pesona pantainya. Jadi Anda pasti akan rugi jika tidak mencicipi hasil lautnya yang masih fresh. Ketika Anda memilih ikan untuk Anda beli, maka beberapa orang akan menawarkan jasa masak dengan menyodorkan kartu nama dari rumah makannya.
Beberapa rumah makan dengan masakannya yang cukup enak bisa Anda pilih setelah Anda selesai berbelanja ikan. Begitu ikan yang Anda pilih telah selesai maka si pemilik rumah makan akan membawa belanjaan Anda, lalu memasaknya. Sambil menunggu masakan Anda selesai, Anda bisa bermain-main dan berkenalan dengan air pantai. Jangan khawatir si pemilik rumah makan akan lupa, karena Anda sudah diberi kartu nama sebelumnya, sehingga Anda bisa dengan leluasa menikmati keindahan Pantai Depok
Biasanya ditempat lain saya hanya akan mendapatkan beberapa jenis ikan saja. Tapi di Depok yang masih segaris dengan Parangtritis ini, saya menemukan lebih dari 20 jenis ikan laut. Dan ini merupakan hasil tangkapan dari para petani nelayan, bukan diambil dari tempat lain. Karena ada beberapa pantai yang menyediakan jajanan ikan tapi para penjualnya malah mengambil ikan dari tempat lain, misalnya di Pantai Kuaru. Para pedagang di rumah makan ini bahkan mengambil ikan di Semarang. Mungkin karena disekitar pantai ini tidak ada nelayan, atau karena harga lebih terjangkau.
Tapi di Depok, mulai dari ikan segar seperti layur, kerapu, pari, cucut, kakap putih, cakalang, cumi-cumi, udang hingga hiu bisa saya temukan. Bahkan bagi yang suka ikan asin, maka disini telah tersedia, sehingga Anda bisa membelinya untuk oleh-oleh. Kerang laut yang kabarnya sangat bagus untuk para penderita asam urat juga ada. Bahkan saya sempat menikmati sate kerangnya secara langsung saat berkunjung ke pantai ini. Yang lebih menyenangkan adalah saya bisa membawa pulang ikan dalam bentuk masih segar atau telah dimasak dengan aneka macam bumbu. Dan harganya sangat terjangkau.
Tidak hanya bisa menikmati ikan segarnya, namun berbagai hal menarik bisa saya temukan di pantai Depok ini. Sangat senang saya bisa menikmati ATV yang beragam bentuknya. Cukup dengan membayar Rp 30.000 per satu jam, memberikan kepuasan yang luar biasa bagi saya. Di pantai ini juga ada kegiatan paralayang dan aerodinamika yang terbang kesana kemari. Tapi saya tidak sempat bertanya apakah boleh dinaiki oleh pemula, karena saya sendiri tidak punya nyali untuk menaikinya. Ketika tiba waktunya pulang saya membawa banyak tentengan untuk oleh-oleh, seperti bawang merah, aneka rempeyek ikan hingga rempeyek bayam dan tentu saja ikan. Jika Anda pecinta sea food, pasti tertantang untuk mengunjunginya.
Deskripsi: Pantai Depok terletak di daerah Parangtritis, pantai ini sekaligus menjadi tempat kuliner para pecinta segala jenis ikan laut.