Wisata Gunung Kidul Pantai Baron

Advertisement

Ads

Wisata Gunung Kidul Pantai Baron

Aminullah
Rabu, 19 November 2014

eMadura.com - Kali ini penulis akan membawa para pembaca untuk terbang ke Yogyakarta, tepatnya ke Kabupaten Gunung Kidul. Gunung Kidul dikenal dengan wisata pantainya yang sangat beragam. Bahkan di Gunung Kidul, pantai satu dan pantai lainnya terletak bersebelahan. Jadi, untuk mengunjungi satu pantai ke pantai yang lainnya Anda tidak perlu melakukan perjalanan yang jauh. Dan salah satu pantai yang paling unik di Gunung Kidul adalah Pantai Baron.

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 60 kilometer ke arah Wonosari. Tetapi tenang saja, lelahnya perjalanan akan segera terobati dengan keindahan hutan dan bukit-bukit kapur yang ada di kanan dan kiri jalan, beberapa kilometer sebelum sampai di Pantai Baron. Sesampainya di Pantai Baron, Anda pun hanya dikenakan harga tiket Rp 5.000,- saja untuk satu pengunjung, Rp 2.500,- untuk parkir mobil dan Rp 1.000,- untuk parkir sepeda motor. Sangat murah, bukan?

Pantai Baron memiliki perbedaan dibandingkan dengan deretan pantai di Gunung Kidul lainnya. Jika pasir di pantai-pantai lainnya berwarna putih, di pantai Baron pasirnya berwarna cokelat. Yang unik dari Pantai Baron ini adalah, Pantai Baron menjadi dermaga bagi para nelayan sekitar untuk pulang dan pergi mencari nafkah. Maka dari itu, jangan heran jika di sana Anda melihat banyak sekali kapal-kapal nelayan berwarna-warni yang terparkir di sekitaran pantai, dan bau amis yang sangat khas karena di pantai tersebut juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Inilah yang membuat para wisatawan biasanya berburu ikan segar di Pantai Baron.

Jika Anda suka berenang, di Pantai Baron Anda juga bebas berenang sepuasnya. Asalkan, Anda tidak melewati batas yang sudah ditentukan. Hal ini disebabkan karena Pantai Baron adalah salah satu pantai yang memiliki ombak yang besar, dan jika Anda melebihi batas aman keselamatan Anda bisa terancam.

Menurut kabar, sebenarnya Pantai Baron adalah sebuah teluk yang diapit oleh dua bukit di sisi kanan dan kirinya. Warna hijau pepohonan dari kedua bukit tersebut benar-benar memanjakan mata. Hembusan angin pantai pun menambah kenikmatan Anda ketika berada di Pantai Baron. Bagi Anda yang suka berpetualang, Anda bisa menjelajahi bukit yang ada di sisi Pantai Baron tersebut. Treknya yang naik turun dan juga banyak bebatuan ini memberikan kesan tersendiri, sebelum akhirnya Anda sampai di atas bukit dan bisa menikmati indahnya hamparan laut yang biru.

Pemandangan di Pantai Baron akan semakin indah ketika menjelang senja. Anda bisa melihat langit yang mulai berubah warna dan matahari yang semakin lama semakin menghilang. Setelah lelah menikmati indahnya alam di Pantai Baron, Anda bisa beristirahat dan menikmati fasilitas yang ada di sekitar pantai. Anda bisa mandi dan membersihkan diri di kamar mandi umum yang tersedia di sekitar pantai, lalu menikmati nikmatnya seafood di rumah makan yang juga banyak tersedia di sekitar pantai. Bagi Anda yang ingin bermalam di pantai, di sana juga ada beberapa hotel dan juga disediakan camping ground bagi Anda yang ingin lebih menyatu dengan alam.


Author : Bagas Dharma
Foto : (c) Bagas Dharma/EMC