Wisata Budaya di Kraton Yogyakarta

Advertisement

Ads

Wisata Budaya di Kraton Yogyakarta

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014


Kota Yogyakarta memang terkenal dengan adat dan budayanya yang kental. Kota Yogyakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang masih memiliki sistem kerajaan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono yang menjadi raja Yogya sekaligus sebagai Gubernur provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sri Sultan Hamengkubuwono beserta dengan keluarga besar beliau tinggal di sebuah istana yang bernama Kraton Yogyakarta.
Kali pertama saya menginjakkan kaki di kota pelajar ini, saya berkunjung ke kraton Yogyakarta. Kraton yang terletak di pusat kota Yogyakarta ini terletak di sebelah selatan Malioboro. Jika Anda sedang berjalan-jalan di kawasan Malioboro sempatkanlah untuk mengunjungi kraton Yogyakarta.
Saya mengunjungi kraton dengan berjalan kaki, selain sehat jarak antara Malioboro dengan kraton juga dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Untuk dapat memasuki keratin Yogyakarta saya cukup membayar tiket seharga Rp. 10.000 saja. Cukup terjangkau bagi saya yang ingin mengetahui seluk beluk dari kraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Untuk memasuki kraton ada aturan khusus yang harus dilaksanakan oleh pengunjung, hal ini semata-mata untuk menghormati budaya Jawa yang berlaku di kraton ini.
Didalam kraton saya bisa melihat berbagai macam kebudayaan Jawa yang ditampilkan melalui alat music, tari-tarian khas Jawa yang biasa ditampilkan secara apik yang ditampilkan di pendopo kraton. Selain itu juga ada lukisan-lukisan yang dipamerkan untuk pengunjung, salah satu lukisan yang dipamerkan adalah lukisan raja jawa. Uniknya ketika saya melihat selop dari lukisan raja jawa dari berbagai sisi, selop tersebut dapat mengikuti arah kemana saya melihat selop tersebut. Sungguh menakjubkan.
Di dalam kraton, saya juga bisa melihat bangunan yang disebut dengan Kedhaton. Kedhaton ini merupakan sebuah bangunan yang sering dijadikan tempat berkumpul para raja. Bangunan ini sangat kokoh sekaligus indah dengan ornament Jawa dan Arab yang menghiasi setiap tembok dan pilar bangunan ini. Di komplek Kedhaton yang indah dan sejuk karena beberapa taman yang menghiasi, saya juga bertemu dengan abdi dalem. Abdi dalem adalah para penjaga yang berada dalam lingkungan istana.
Sungguh petualangan yang tidak terlupakan. Saya mempelajari banyak budaya Jawa melalui kunjungan saya ke Kraton Yogya. Budaya Jawa yang terdapat melalui bangunan kraton, alat music, sendra tari yang biasa ditampilkan, senjata khas Jawa yang dipamerkan, lukisan-lukisan dan kehidupan abdi dalem di dalam istana memberi pelajaran yang sangat banyak kepada saya.
Untuk dapat mengunjungi kraton Yogyakarta, kraton buka setiap hari dari pukul 07.00-12.00 WIB. Untuk dapat menyaksikan sendra tari bisa mengunjungi kraton pada pukul 09.00. Dengan mengunjungi kraton, pengetahuan tentang khasanah budaya akan bertambah, dan menumbuhkan rasa cinta Indonesia. Bahwa dengan banyaknya suku di Indonesia membawa persatuan dan kesatuan bagi negara ini.

Deskripsi: Kraton Yogyakarta merupakan symbol dari kota Yogyakarta. Merupakan tempat tinggal dari Sri Sultan Hamengkubuwono beserta keluarga.